Mangkir dari Rapat Umum, Kades Capalulu Catut Nama Kadis PMD dan Camat Mangoli Tengah

oleh -127 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Kembali mangkir alias tidak menghadiri rapat Umum yang dilakukan oleh masyarakat Desa Capalulu yang meminta petanggung jawaban pangelolaan dana desa, Kerala Desa Capalulu, M. Ali Umasangaji menyebutkan ketidak hadirannya itu atas perintah Kepala Dinas PMD Kabupaten Kepulauan Sula dan Camat Mangoli Tengah.

“M.Ali Sangadji mengatakan, Kepala Dinas Pembrdayaan Masarakat Desa (PMD) Kepsul Abdul Fatah Umasangadji tidak mau dirinya menghadiri rapat umum yang diadakan oleh warga,” Sahrul Ipa, pada porostimur.com, Rabu (6 /112019).

Menurut Sahrul yang juga salah satu tokoh pemuda Capalulu ini, M.Ali mengatakan pesan dari Kadis PMD bahwa masyarakat tidak berhak mengetahui pengelolaan anggaran desa. Olehnya itu, Kepala Desa tidak usah menghadiri rapat yang dilakukan oleh masarakat.

Baca Juga  Warga Ngade Tolak Asrama Haji Ternate Sebagai Lokasi Karantina Pasien Covid-19. Ini Tanggapan Kakanwil Kemenag Malut

Pernyataan kades pada masarakat capalulu senada dengan hasil konfirmasi wartawan terkait pemalangan kantor desa,

Melalui sambungan telepon,M Ali menyampaikan ketidakhadiran dirinya pada rapat itu karena Kadis PMD dan Camat Mangoli Tengah Ismail Soamole melarangnya untuk menghadiri rapat yang dilakukan oleh masyarakat Capalulu

Menurut kades laporan pertanggung jawaban (LPJ) dan evaluasi kinerja kades bukan hak masyarakat olehnya masyarakat tidak perlu mengetahuinya.

Menurut Syahrul Ipa, Sikap Kepala Desa Capalulu ini jelas bertentangan dengan aturan perundangan yang berlalu dan merugikan masyarakat.

Sementara itu salah seorang tokoh pemuda Capalulu, Rais Umaternate meminta Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes untuk memberhentikan Kades M Ali Sangadji karena di duga menggelapkan anggran Dana Desa (DD) 2016 senilai Rp .210.000.000 juta, anggran pemuda Rp.47.000.000.juta. anggaran 2017.Rp.55 000.000, anggaran Media Rp.18.000.000., Rp.26.000.000.

Baca Juga  Powerslaves Rilis Versi Orisinal Lagu Bayang, Berjudul You Got Me

Uang desa itu menurut Rais, dibelanjakan untuk kepentingan pribadi di toko indomart Desa Jere.

Rais menambahkan proses penyegelan kantor desa akan di buka bila Bupati Hendrata Thes sudah memecat M Ali dan menunjuk pejebat kades baru di Desa Capalulu.

Permintaan tersebut di perkuat oleh Badan Perwakalin Desa (BPD) yang menyampaikan pemberhentian Kades Capalulu M Ali Sangadji.

ketua BPD Jufri Capalulu di depan Camat Mangoli Tengah, Kapolsek dan masyarakat Capalulu meminta agar M Ali Umasangaji segera dicopot. (if)