Mantan Juara Dunia Tinju Kelas Berat Umumkan Kemenangan Ukraina Atas Pasukan Vladimir Putin

oleh -293 views
Wali Kota Kiev, Vitali Klitschko mengadakan konferensi pers di Kyiv, Ukraina 23 Maret 2022 mengumumkan kemenangan Ukraina.* /Reuters /Sergiy Karazy
Link Banner

Porostimur.com, Kiev – Wali Kota Kiev yang juga mantan juara dunia tinju kelas berat, Vitali Klitschko mengumumkan kemenangan Ukraina atas pasukan Rusia.

Menurut Vitali Klitschko, tentara Ukraina tidak hanya mempertahankan Kiev tapi juga merebut Irpin dan Makariv.

Pasukan Vladimir Putin dipukul mundur di wilayah Chernihiv dan Sumy. Beberapa komandan pasukan Kremlin dilaporkan tewas.

Reporter NBC News, Richard Engel melaporkan, beberapa wilayah kini berada di bawah kendali tentara Ukraina.

Itu artinya, pasukan Moskow kembali tertahan jauh dalam upaya mereka menaklukan Kiev.

Vitali Klitschko juga mengungkapkan, pertempuran sengit masih berlangsung di Desa Liutizh, 20 mil ke utara Kiev.

Vitali Klitschko berbicara kepada wartawan di sebuah taman umum dengan latar belakang suara tembakan masih terdengar kencang.

“Kemenangan ini, kata mereka, adalah hasil serangan balik terbesar yang pernah mereka lihat sejak awal perang,” kata Engel.

“Sejauh ini, dengan serangan balasan yang hanya berlangsung 48 jam, telah terjadi perubahan signifikan di sekitar ibu kota,” ujarnya.

Baca Juga  Soal Molluca TV, KPID Maluku Gandeng Polisi Tegakkan Hukum

Dikutip dari nypost, juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan Selasa bahwa Ukraina telah meluncurkan serangan balasan lain di selatan, yang bertujuan untuk merebut kembali Kherson.

Kherson, merupakan satu-satunya kota besar yang jatuh ke tangan Rusia sejauh ini. Rincian operasi itu, atau hasilnya, belum jelas. (red/pikiran rakyat)