Mantan Kuasa Hukum Usman Sidik ini Usul Polemik Ijazah Sang Bupati Diselesaikan Secara Hukum

oleh -79 views

“Pada dua aspek itu, kita memerlukan pembuktian secara materil. Itu artinya perlu pemeriksaan laboratorium forensik. Hal itu yang disebut saudara R dalam percakapannya dengan saudara IB. Kewenangan polisilah membuktikan dan pengadilan yang memutuskan, apakah benar secara fisik ijazah tersebut sesuai dengan blanko asli yang diterbitkan oleh Kemendikbud atau tidak,” tukasnya.

Pertanyaan berikutnya menurut Syukur Mandar adalah, bagaimana cara yang bersangkutan memperoleh ijazah tersebut.

“Apakah saat memperoleh ijazah itu, pemiliknya benar-benar duduk dibangku sekolah atau tidak? Apakah pemiliknya ikut proses belajar mengajar atau tidak? Bila iya harus dibuktikan, bila tidak maka ada unsur pidana antara pemilik ijazah dan pemberinya,” papar Syukur Mandar.

Baca Juga  Benarkah Rezeki Suami Bergantung pada Sifat Istrinya?

“Atau pemiliknya ikut pendidikan informal, tetapi ijazahnya didapat lewat jalur pendidikan formal. Maka itupun terdapat unsur pidana,” sambungnya.

Syukur menegaskan, ada banyak kemungkinan terbuka secara hukum untuk diusut dalam kasus yang kembali menjadi polemik di masyarakat ini. Lantaran itu, dirinya mengimbau agar masalah ini sebaiknya diselesaikan secara hukum, agar kebenaran formil dan materil dapat diperoleh.

“Maka sudah tentu semua proses adanya ijazah Bupati Halsel yang jadi polemik, sebaiknya dibuka melalui proses hukum, agar kebenaran formil dan materil dapat diperoleh. Tentu saja hal ini penting, karena pemegang ijazah saat ini sedang menjabat sebagai bupati, dan mengelola keuangan dan kebijakan negara. Ada konsekwensi bila misalnya ijazah yang digunakannya palsu atau misalnya tidak dapat dibuktikan keasliannya secara hukum,” beber Syukur.

No More Posts Available.

No more pages to load.