Mantapkan USBN, bantu siswa hadapi UN

oleh -42 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Jika persiapan belajar dimaksimalkan pada saat USBN, maka siswa dipastikan akan mampu menghadapi ujian nasional (UN) nanti.

Hal ini ditegaskan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Ambon, Dra. C. Mustamu,M.Pd, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Senin (15/1).

Menurutnya, persiapan belajar yang dilakukan, hendaknya menyeluruh dan bukan hanya untuk menghadapi UN semata, sehingga hasil yang diperoleh pun berdampak lebih bagus bagi siswa.

”Tetapi banyak orang yang berpikir bahwa UN adalah momok. Ujian nasional itu adalah mengukur ketercapaian, sedangkan yang mengukur para siswa itu pada saat ujian sekolah. Yang sekarang itu USBN kenapa beda nama, karena bukan sekolah yang bikin kisi-kisi, tapi kisi-kisi dari pusat. Kemudian,  berdasarkan kisi-kisi itu, atau MGMP menyusun soal,” ujarnya.

Link Banner

Untuk kesiapan ujian, tegasnya, sekolah sendiri harus mempersiapkan siswanya sebaik mungkin untuk menghadapi ujian, termasuk di dalamnya USBN dan bukan hanya ujian nasional saja.

Baca Juga  Penguatan ZI di Kanwil Kemenkumham Bali, Maluku dan Maluku Utara

”Tahun ini siswa yang mengikuti ujian nasional sebanyak 261 siswa,” singkatnya.

Begitupun pihaknya sangat berharap agar siswa didiknya bisa berhasil seluruhnya saat mebnghadapi UN nanti, melalui kerja keras.

Dimana kerja keras itu sendiri bukan hanya siswa semata, tetapi dibantu dari semua pihak yaitu kepala sekolah, siswa, guru, orang tua dan semua stockholder yang berada di sekitarnya.

”Sekolah juga harus membuat siswa itu merasa nyaman dalam belajar. Serta ada motivasi belajar, kerja keras dan bisa bermuara pada pencapaian nilai yang baik,” pungkasnya. (Febby Sahupalla)