Masa Penanganan Covid-19, Komisi II DPRD Maluku Hadirkan Mitra Kerja

oleh -141 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Instruksi Presiden RI, Ir. Joko Widodo (Jokowi) tentang berbagai kemudahan yang harus diberikan kepada masyarakat khususnya dalam masa penanganan pandemic virus corona (covid-19), ditindaklanjuti Komisi II DPRD Maluku.

Salah satu langkah yang ditempuh Komisi II DPRD Maluku yakni menghadirkan mitra kerjanya, Kamis (23/4/2020), dimana para mitra kerjanya dimintai pendapat dan keterangannya tentang kemudahan kepada masyarakat sebagaimana dicanangkan oleh pemerintah.

Langkah yang sama, sebelumnya sudah ditempuh Komisi III DPRD Maluku dengan menghadirkan OJK maupun mitra kerja yang dibawahinya, pada Selasa dan Rabu kemarin.

Sementara mitra kerja yang dihadirkan Komisi II DPRD Maluku dalam hearing hari ini antara lain PT PLN (Persero) Wilayah Maluku-Maluku Utara.

Hal ini juga dibenarkan Ketua DPRD Maluku, Drs. Lucky Wattimury,M.Si, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, usai rapat dimaksud digelar.

Baca Juga  Catat Rekor Lagi, Positif Corona RI Bertambah 484, Jadi 12.071 Orang

Menurutnya, hasil hearing atau dengar pendapat ini, sedianya dijadikan lampiran dan diteruskan kepada masing-masing SKPD yang bermitra dengan DPRD Maluku sebagai kepanjangan tangan pemerintah pusat maupun sebagai representasi masyarakat Maluku itu sendiri.

”Kesimpulan yang dibuat oleh Komisi II terhadap rapat tersebut dan disampaikan kepada Pimpinan dewan, yakni DPRD Maluku akan segera memanggil dinas dan kita menyampaikan rekomendasi pada pihak-pihak terkait. Bagaimanapun juga apa yang DPRD sudah putuskan, apa yang sudah direkomendasikan semata-mata hanya untuk kepentingan masyarakat tidak bermaksud memberatkan siapapun atau lembaga apapun, atau perusahaan apapun. Kita hanya meminta supaya seluruh kebijakan pemerintah berkaitan dengan pelonggaran pembayaran listrik, pelonggaran pembayaran kredit dan sebagainya,” ujarnya.

Hearing tentang berbagai kemudahan kepada masyarakat khususnya menanngani pandemic corona ini, jelasnya, merupakan instruksi yang sudah ditetapkan dalam sebuah bentuk perundangan sehingga harus diterapkan sebagaimana mestinya.

Baca Juga  Kapolres Buru Tinjau Jalan Penghubung Dua Kabupaten yang Putus Akibat Banjir Disertai Longsor

Apalagi, tegasnya, arahan atau instruksi ini bertujuan memudahkan masayarakat dalam kehidupan sosialnya sehari-hari.

Kemudahan kepada masyarakat dalam penanganan covid-19 ini, akunya, merupakan instruksi yang harus dijalankan seluruh perangkat pelayanan negara termasuk di dalamnya salah satu mitra Komisi II DPRD Maluku yakni PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara.

”Mari kita bersama sama dengan tidak merasa ada beban, saling topang menghadapi covid-19 (corona) ini. Salah satunya adalah berikan kemudahan kepada masyarakat yang sudah dianjurkan oleh pemerintah atau diputuskan pemerintah”, ujarnya.

“Karena itu, mendahului rekomendasi yang disampaikan pimpinan dan kita teruskan kepada lembaga-lembaga yang berkepentingan. Pimpinan PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara ataupun siapa saja yang bertangungjawab terhadap hal ini, mari kita saling menghargai melaksanakan apa yang telah diputuskan pemerintah, sehingga beban-beban masyarakat ini bisa kita saling topang untuk menanganinya,” pungkas Wattimury. (liehu)