Masih di Zona Kritis, Pemkot Ambon akan Berlakukan PSBB Transisi Jilid Enam

oleh -34 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Walaupun telah keluar dari Zona Merah, namun Pemerintah Kota Ambon akan tetap memberlakukan PSBB Transisi jilid enam, pasalnya Kota Ambon masih masuk Zona kritis penyebaran virus corona.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, saat ini Kota Ambon sudah masuk ke Zona Orange, tetapi masih berada pada Zona kritis.

“Karena Zona Merah itu skornya 1.8 ke bawah. Kita baru dapat 1,9 plus, makanya PSBB Transisi ke enam harus diterapkan,” katanya, Ahad (27/9/2020).

Louhenapessy bilang, PSBB Transisi perlu dilanjutkan agar skor 1,9 plus, yang telah dimiliki Kota Ambon, tidak mengalami penurunan nilai.

Link Banner

“Kalau tidak tingkatkan kinerja, bisa saja kita turun lagi ke Zona merah, ” ujarnya.

Baca Juga  Ketua Bawaslu Malut Minta Polisi Usut Pengrusakan Kantor Bawaslu Halsel

Untuk itu, kata Louhenapessy, dalam PSBB Transisi tahap enam, yang dimulai 29 September 2020 mendatang, akan lebih ditekankan kepada kedisiplinan terkait dengan jarak.

“Dipastikan kita akan terapkan PSBB Transisi tahap enam, tetapi pola pendekatannya bukan saja masker, sebab penggunaan masker dalam kenyataannya semakin hari semakin baik,” terang Walikota.

Louhennapessy mengungkapkan, dalam penerapan aturan PSBB Transisi tahap enam, Pemerintah Kota (Pemkot), akan lebih fokus meninjau pemberlakuan jaga jarak yang ada di Rumah Kopi, Cafe, Restoran, serta Angkutan Kota (Angkot).

“Sekarang kita akan sosialisasi terkait jarak. Jadi nanti, tim Pemkot turun ke lapangan, guna mengawasi langsung jarak jarak, yang ada di tempat umum di Kota Ambon,” jelasnya.

Baca Juga  Menteri Agama Fachrul Razi Positif Covid-19

Sesuai target, kata Walikota, yakni memutus mata rantai penyebaran wabah Corona di Kota Ambon. “Maka, segala cara akan kami pakai, untuk mewujudkan hal itu, ” paparnya.
Walikota menargetkan, penerapan PSBB Transisi jilid enam nanti, bisa membuahkan hasil manis seperti PSBB Transisi jilid lima.

“Ketegasan PSBB Transisi jilid lima, sudah buat kita terlepas dari Zona Merah. Saya targetkan, PSBB Jilid enam, kita sudah harus bergerak dari Zona Orange menuju Zona Kuning, ” tutupnya. (red/katim)