Masih Tunggu Izin Edar BPOM & Fatwa MUI, Vaksin China Sudah Tiba di Maluku-Malut

oleh -95 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Penggunaan tiga juta dosis vaksin Sinovac masih menanti izin edar dari BPOM dan fatwa halal Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari PT Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan, vaksin Covid-19 hanya akan digunakan untuk program vaksinasi setelah mendapatkan persetujuan penggunaan darurat dari BPOM.

“Vaksin hanya akan digunakan untuk program vaksinasi setelah ada persetujuan penggunaan darurat yang dikeluarkan oleh BPOM dan bukan sebagai vaksin untuk uji klinis,” kata Bambang saat konferensi pers Update Target Penyelesaian Vaksinasi dan Kesiapan Vaksin Covid-19, Minggu (3/1/2021) kemarin.

Ia juga menyebut, saat ini vaksin Sinovac juga masih menunggu hasil proses kajian aspek kehalalan dari LPPOM MUI guna mendapatkan fatwa halal dari ulama Indonesia dan sertifikasi BPJPH. 

Link Banner

Selain itu, kata dia, PT Bio Farma dan BPOM juga telah melakukan serangkaian pengujian mutu vaksin Sinovac. Pengujian dilakukan untuk menjaga kualitas dan keamanan produk agar terjamin mulai dari proses produksi hingga saat pendistribusiannya.

Baca Juga  Dua Dilema Zidane Bersama Real Madrid, Pilih Pemain Muda atau Tua?

Saat ini, pemerintah telah menerima total kedatangan tiga juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac yang saat ini tengah disimpan di fasilitas penyimpanan khusus milik PT Bio Farma. Vaksin Sinovac merupakan salah satu vaksin yang akan digunakan untuk vaksinasi seluruh masyarakat mulai Januari 2021 ini.

Sementara itu, meski masih menunggu izin edar dari BPOM dan fatwa halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), namun vaksin-vaksin tersebut telah dikirim ke 34 provinsi.

Di Maluku, pemerintah pusat mengirimkan sebanyak 15.120 vial vaksin Covid-19 yang dikemas dalam 8 koli. Paket vaksin buatan China tiba di Kota Ambon Provinsi Maluku, Senin pagi sekitar pukul 07.00 WIT pagi tadi.

Sedangkan di Ternate Maluku Utara, pemerintah pusat juga telah mengirimkan sebanyak 7.160 vial vaksin Sinovac yang dikemas dalam lima boks. Vaksin tersebut tiba di Bandar Udara Sultan Baabullah Ternate, Senin (4/1/2021) pagi tadi dan akan didistribusikan ke ke tiga kabupaten/kota yakni Kabupaten Kepulauan Sula, Halmahera Selatan dan Morotai. (red/alena)