Masyarakat Adaut Demo Minta Turunkan Sekdes dan Kaur Keuangan

oleh -391 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Masyarakat Desa Adaut, Kecamatan Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, melakukan aksi demonstrasi meminta agar memberhentikan Sekretaris Desa (Sekdes) dan Kepala Urusan (Kaur) Keuangan yang diduga telah menyalahgunakan Dana Desa.

Unjuk rasa yang dilakukan oleh masyarakat anti korupsi Desa Adaut ini sebagai bentuk partisipasi politik masyarakat Adaut terhadap kinerja pemerintah desa.

Dalam aksinyaw, mereka menuntut Kepala Desa
Adaut agar memberhentikan Sekdes dan Kaur Keuangan Desa Adaut yang diduga telah melakukan penyalahgunaan Dana Desa sesuai hasil dengar pendapat yg telah dilakukan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Adaut.

Kordinator Lapangan Lodewik Nuan menjelaskan, tuntutan mereka adalah memberhentikan kedua perangkat desa tersebut, karena telah menggar hukum dan merugikan masyarakat dan negara.

“Jadi kita ini punya tuntutan, terkait hasil investigasi BPD tanggal 8 November 2021, itu ada temuan-temuan penyimpangan keuangan desa yang dibuat oleh sekedes dan bendahara keuangan lalu terdapat kerugian sebesar Rp. 230.800.000.00,” terang Kordinator Lapangan Lodik Nuan kepada kepada Porostimur.com via telepon, Senin (3/1/2022).

Baca Juga  DPRD Malut Desak Dinas PUPR dan Kontraktor Segera Bayar Hak Warga Ngokomalako dan Wayasipang

Nuan bilang, ketika terjadi persoalan hukum seperti itu, maka yang kami tuntut itu mereka harus diberhentikan karena nyata-nyata mereka menggunakan uang Rakyat.

“Penyalahgunaan kewenangan sehingga menyebabkan kerugian negara. Jadi demo diterima dan ditindaklanjuti untuk pemberhentian sementara dalam jabatan,” jelasnya. (Nicolas)