Masyarakat dan AJB dukung sosialisasi 4 Pilar MPR RI

oleh -56 views
Link Banner

@Porostimur.com | Bitung : Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, digelar oleh anggota DPD-RI/MPR-RI asal Sulawesi Utara (Sulut), Ir Stefanus BAN Liow, di Kelurahan Madidir, Kota Bitung, pertengahan pekan ini.

Sosialisasi yang didukung penuh Aliansi Jurnalis Bitung (AJB) ini, turut melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat, pemuda dan mahasiswa.

Dalam pemaparan materi sosialisasi, Liow menjelaskan tentang Empat Pilar MPR RI yakni Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD RI tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR, NKRI sebagai Bentuk Negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

Bahkan, dalam kesempatan ini, Liow mengajak seluruh peserta  untuk mengimplimentasi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di tengah kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tak lupa, diapresiasinya kesadaran masyarakat di Sulut, khususnya di Kota Bitung yang saling menghormati, menjaga kerukunan beragama, persatuan dan kesatuan.

Baca Juga  PKB Maluku Utara Gelar Sekolah Legislator

Memanfaatkan kesempatan tanya jawab, dosen Akademi Komunitas Logistik Negeri Bitung sekaligus aktivis Anti Korupsi, Allan Berty Lumempouw, menjelaskan bahwa sesungguhnya dalam tataran elemen masyarakat bawah nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi bagian kehidupan sehari-hari.

Namun sangat disayangkan, akunya, elit-elit politik di pusat mempertontonkan kepada masyarakat cara dan perilaku yang tidak baik untuk kepentingan politik semata.

Sosialisasi dan diskusi menarik ini dipandu langsung Ketua AJB Ferdy Pangalila, berdurasi sekitar 3 jam yang merepresentasikan 6 peserta sebagai penanya di antaranya perwakilan Kaum Perempuan, Naomi Mundung dan Selfie Lumi.

Materi yang disuarakan antara lain tanggapan atau usulan dimasukkan dalam kurikulum sekolah dengan bobot yang lebih besar mata pelajaran Pendidikan Pancasila, pemerataan pembangunan yang nilai jauh dari keadilan, perhubungan udara ke daerah kepulauan terbilang mahal padahal Kabupaten Kepulauan Talaud berbatasan dengan Filipina.

Baca Juga  Menparekraf Wishnutama Dukung Revitalisasi Benteng Victoria

Atas sosialisasi yang digagas Liouw ini, salah satu kuli tinta di Kota Bitung, Maradona Onta, memberikan apresiasi serta meminta pengambil kebijakan di tingkat pusat harus melakukan kegiatan serupa secara kontinyu dan berkala. (guls)