Masyarakat Desa Oki Lama Laksanakan Sholat Idul Adha di Tengah Genangan Air

oleh -182 views
Link Banner

Porostimur.com | Namrole: Sudah tiga tahun masyarakat Desa Oki Lama, Kecamatan Namrole, Kebupaten Buru Selatan merasakan kesengsaraan saat melaksanakan solat pada hari-hari besar. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini salat Idul Adha juga dilaksanakan dengan penuh keprihatinan, dikarenakan masjid yang dikerjakan belum juga rampung.

Farid, salah satu warga Oki Lama, kepada wartawan porostimur.com, Selasa (20/7/2021), mengatakan, masjid tersebut merupakan niat serta program Kepala Desa, Latip Solissa saat mencalonkan diri sebagai kepala desa pada tahun 2017 lalu. Namun sampai saat ini masjid tersebut belum juga diselesaikan sehingga membuat pelaksanaan sholat pada hari-hari besar tidak berjalan dengan khusyuk”.

“Kalo seng mampu buat program deng seng mampu selesaikan maka jangan buat sehingga membuat masyarakat sengasara karna kondisi yang ada saat solath”, kata tokoh masyarakat Oki Lama ini.

Baca Juga  Wisata Kepulauan Kei Maluku Tenggara, Ada Hukum Adat dan Pantai Indah

Farid bilang, sebelum masa kepemimpinan Kepala Desa, Latip Solissa, masjid tersebut masih bisa digunakan oleh masyarakat dengan kapasitas daya tampung jamaah sekitar 200 orang.

Namun karena direhab oleh Kepala Desa Oki Lama, Latip Solissa dan belum juga rampung, membuat masjid semakin buruk dan sementara ini, bagian-bagian masjid ditutupi dengan papan dengan daya tampung sekitar 50 jamaah.

Farid menjelaskan, renovasi masjid tersebut direncanakan selama satu tahun, namun sampai sekarang sudah empat tahun masa jabatan Latip Solissa selaku Kepala Desa Oki Lama masjid tersebut belum juga rampung.

Dia menambahkan, lantaran tak kunjung rampung, setiap pelaksanaan solat pada hari-hari besar yang jumlah jamaah mencapai 200 lebih, masjid tidak mampu menampung para jamaah. Kondisi tersebut menurutnya, membuat masyarakat selalu menggunakan terpal sebagai atap atau bahan untuk pelindung dari panas dan hujan.

“Harapan masyarakat juga bahwa kondisi tersebut harus menjadi perhatian pemerintah daerah Buru Selatan dan lebih khusus Kepala Desa Oki Lama yang mencanangkan renovasi masjid tersebut. Sehingga kondisi saat salat di atas genangan air ini tidak terjadi lagi. (nur)

No More Posts Available.

No more pages to load.