Masyarakat Kasieh Gelar Prosesi Adat “Kasi Turun Tiang Alif”

oleh -51 views
Link Banner

Porostimur.com | Taniwel: Masyarakat Negeri Kasieh Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, SBB tepat Pukul 05: 30 Wit, atau selesai melaksanakan sholat subuh seluruhnya sama – sama menyaksikan penurunan tiang alif dari Mesjid AT – Taqwa, dan dilakukan dengan prosesi adat desa Kasie pada Kamis (29/8).

Pantauan Media ini, seluruh lapisan masyarakat Negeri KasieH sangat antusias dalam melakukan prosesi perayaan adat dalam penurunan tiang alif mesjid, hal itu dilihat diwaktu pagi tepat pukul 05:30 Wit, semua warga telah berada di areal mesjid, baik untuk menyaksikan ataupun sebagai pelaksana dari prosesi adat tersebut.

Semua warga masyarakat secara Khusyuh menyaksikan kegiatan adat tersebut, mengingat telah lama mesjid AT – Taqwa Negeri Kasie berdiri, tetapi masih terlihat belum begitu layak untuk menampung jamaah, sehingga setelah prosesi adat , masyarakat lansung melanjutkan pekerjaan hingga selesai dengan baik.

Baca Juga  Pempus proses Rp 12 milyar untuk Pesparani Nasional I

Selaku Ketua panitia penyelenggara H Abd Rauf Latulumina menjelaskan ” acara prosesi adat yang dilakukan pada hari ini, yakni penurunan tiang alif Mesjid AT- Taqwa Negeri Kasieh mendapat antusias dari semua warga masyarakat baik tetua adat maupun tokoh masyarakat.

Link Banner


Dalam prosesi adat ini telah dihadiri oleh para tukang 12 dari Negeri Lisabata, selaku saudara dan Negeri Rumawei yang merupakan pela dari Kasieh sendiri mereka semua hadir yang mempunyai rasa memiliki dengan kami dalam pembangunan masjid ini.

Kemudian saya berharap dengan selesai prosesi adat ini, pembangunan mesjid akan dilanjutkan hingga selesai, dan kita semua terus mendukung dan saling bergandengan tangan hingga pembangunan mesjid rampuh 100%, sebab mengingat mesjid AT-Taqwa telah terbengkal selama 12 tahun.

Baca Juga  31 Pati TNI Dimutasi. Pattipeilohy Staf Ahli, Zanibar Deputi di Wantanas

“Terimakasih kami dari panitia kepada lapisan warga masyarakat Kasieh sendiri, Negeri Lisabata dan Negeri Rumawei yang hari ini sama – sama berpartisipasi dalam kegiatan ini”, ujar Latulumamina

Senada dengan itu ditambahkan oleh Pejabat Desa Rajulan Oliet “Terutama saya mengucapkan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada seluruh masyarakat Negeri Kasieh dengan antusias dalam mengikuti acara hari ini, karena terlihat setelah selesai sholat subuh semua warga telah berada di lokasi pembangunan mesjid untuk menyaksikan penurunan tiang alif, serta yang terlibat lansung dalam prosesi adat.

Dan juga kepada basudara dari Negeri lisabata dan Negeri Rumawei yang turut serta dengan kami.

Sehingga itu saya menghimbau agar, semua lapisan masyarakat Negeri Kasieh agar sama – sama kita mendukung serta berpartisipasi dalam pembangunan mesjid sehingga kedepan kita mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga  Kapolda Maluku Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung BPKB Dit Lantas Polda Maluku

“Hilangkan semua rasa kecemburuan kita, mari bergandengan tangan agar kita tetap dalam barisan yang kokoh”, pinta Oliet

Turut Hadir Camat Taniwel Husain Luhulima, Pejabat Desa Rajulan Oliet,
Tokoh Adat Negeri Rumawei , Andi Huawene, Pejabat Negeri Lisabata, Umbri Hatumena SPd , Babinkamtibmas Hulung Kasieh Brikpol J.S Watimury, abinsa Hulung Kasieh Sertu S Dwila. (Doddy)