Matepala Unpatti Gelar Kawah Biru XXIII

oleh -33 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Mahasiswa Pencinta Alam (Matepala) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon sebagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) pada tahun 2021, telah menyelenggarakan Kawah Biru XXIII, yang dilaksanakan selama 14 hari di lapangan. Kawah Biru XXIII adalah proses pendidikan dan latihan dasar yang dimiliki oleh Matepala Unpatti, untuk jenjang awal menjadi anggota muda. Demikian dikatakan Ketua Umum Matepala Unpatti Syahrul Rizal Tihurua, Senin (11/1).

Lebih lanjut, kata dia, sebelumnya Matepala Universitas Pattimura telah melaksanakan proses diklat ruangan dan pra lapangan selama tiga bulan, sebagai syarat proses penggodokan calon Anggota di Matepala Unpatti.

Memang proses regenerasi perlu dilaksanakan oleh semua organisasi mahasiswa sebagai tanggung jawab organisasi terutama kami di Matepala Universitas Pattimura.

Baca Juga  Kanwil Kemenag Malut Serahkan 100 Paket Ramadhan Kepada Pegawai Honorer dan Warga Kurang Mampu

“Dengan kegiatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Fakultas Teknik Universitas Pattimura beserta Civitas Akademika yang selalu mendukung kegiatan Matepala. Kemudian kepada unsur senioritas yang ada di Kota Ambon maupun di luar Kota Ambon yang telah meluangkan waktu, financial, tenaga serta usahanya, untuk selalu menopang kami Badan Pengurus yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan di Matepala Universitas Pattimura,” ungkapnya.

Link Banner

Dia mengakui, kegiatan Kawah Biru XXIII yang berlangsung sejak 28 Desember 2020 sampai 10 Januari 2021 dilaksanakan berawal dari jalur Ewang Negeri Tulehu sampai berakhir di Waisakula Negeri Laha, melewati beberapa rute pada pegunungan Salahutu dan Simalopu maupun pegunungan yang ada pada Jazirah Leihitu.

Baca Juga  The Rolling Stones Kembali Dengan Lagu Baru, ‘Living in a Ghost Town’

Peserta yang mengikuti Kawah Biru XXIII kali ini sebanyak 40 orang yang mendaftar dan mengikuti materi ruangan, namun dengan seleksi yang ketat dan berat hingga pelantikan hanya tersisa 13 orang yang diterima menjadi Anggota muda Matepala. Dimana keadaan fisik dan mental peserta baik dan sehat.

“Kami memang selalu menerapkan prinsip Zero Accident, dengan manajemen ekspedisi yang telah diterapkan oleh pedoman organisasi,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kawah Biru XXIII Dandi Ferdi Talaohu, dalam acara pelantikan Anggota Muda Matepala Universitas Pattimura, menuturkan kegiatan Kawah Biru XXIII ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono, sebagai unsur senioritas Angkatan ke-lll (Parka) 1993.

Baca Juga  Zidane Minta Real Madrid Panggil Pulang Odegaard

Ono sapaan akrab di Matepala, mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah agenda tahunan organisasi yang wajib dilaksanakan. Ini sebagai langkah mengasah fisik serta mental Mahasiswa.

Karena, menurut Ono, Matepala Universitas Pattimura menjalankan apa yang diamanatkan oleh Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan Pengajaran, Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat. Untuk itu, kata Ono, mahasiswa perlu penguatan kapasitas agar bisa siap pada dunia lapangan kerja.

Apalagi era 4.0 dan Pandemi Covid-19 saat ini, dibutuhkan generasi tangguh yang bisa berinisiasi dan punya gagasan besar untuk berkreatifitas sesuai dengan tuntutan zaman. (juni)