Meletus Lagi, Gunung Ibu Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter

oleh -11 views

Porostimur.com, Jailolo – Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara kembali mengalami erupsi pagi ini, Jumat 31 Mei 2024, pukul 07.22 WIT. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan tinggi letusan 800 meter di atas puncak.

“Terjadi erupsi G. Ibu pada hari Jumat, 31 Mei 2024, pukul 07:22 WIT. Tinggi kolom letusan teramati ± 800 m di atas puncak (± 2125 m di atas permukaan laut),” ungkap Petugas Pos Gunung Api M. Richard Chaniago dalam keterangannya, Jumat (31/5/2024).

Richard mengatakan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang ke arah barat daya. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 8 mm dan durasi 102 detik.

Baca Juga  Bakal Jadi Hub Kemaritiman Wilayah Timur, Kemendagri Minta Pemda se-Maluku Lakukan ini

Sementara itu,Richard meminta agar masyarakat di sekitarGunungIbudan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 2,0 km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktifGunungIbu.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas diluar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata),” imbaunya. (red)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.