Menag Harap IAKN Bertransformasi Menjadi Universitas

oleh -29 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap transformasi kelembagaan terjadi pada semua Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), termasuk Institut Agama Kristen Negeri (IAKN).

“Saya mendorong semua Institut menjadi Universitas. Jangan hanya kampus Islam saja yang bertransformasi menjadi Universitas,” kata Menag Yaqut saat menerima Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, di Rumah Dinas Widya Chandra, Senin (31/5/2021).

Tampak hadir, Rektor IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Ambon Zainal A. Rahawarin, Rektor IAKN Ambon Agusthina Christina Kakiay, dan pengurus GP Ansor Ambon. Hadir juga staf khusus Menteri Agama.

“Saya harap IAKN juga segera bertransformasi menjadi Universitas. Karena belum ada Perguruan Tinggi Kristen Negeri yang berstatus Universitas,” tambah Menag Yaqut.

Menag akan diundang ke Ambon untuk bersilaturahmi dengan tokoh dari berbagai agama. Menag juga akan meresmikan rumah moderasi beragama, serta memberikan orasi kebangsaan di IAKN dan IAIN Ambon.

Baca Juga  Hadler optimis, 2020 semua SMP di Ambon bakal selenggarakan UNBK

“Saya tekankan semua acara di Ambon nantinya, dengan protokol kesehatan yang ketat,” tegas Gus Yaqut.

Kakanwil Kemenag Maluku, Jamuluddin Bugis menyampaikan terimakasih atas waktu, kesempatan dan silaturahim yang diberikan Menag Yaqut.

“Terimakasih Pak Menteri atas waktu dan kesempatannya. Kami hadir di sini untuk mengundang Pak Menteri bisa hadir di Ambon,” kata Jamaluddin Bugis.

Rektor IAIN Ambon Zainal A. Rahawarin menyampaikan bahwa transformasi IAIN Ambon sudah on proses. Persyaratan sudah dipersiapkan dengan baik dan pengajuan baru masuk kepada Menteri Agama.

“Mohon arahannya Pak Menteri. Proses transformasi IAIN Ambon sudah berlangsung. Sekarang kami sudah menyiapkan dan memenuhi syarat, semua jurusan sudah akreditasi A. Guru besar juga sudah tercukupi,” kata Zainal.

Baca Juga  Desember 2020 Kota Ternate Mengalami Infiasi Sebesar 0,70 persen

Rektor IAKN Ambon, Agusthina Christina Kakiay menyampaikan bahwa kampus Kristen dibawa nakhodanya ini juga sedang mengajukan alih status menuju Universitas.

“Kita targetkan pada tahun 2022 bisa menjadi Universitas,” tegas Agusthina Christina. (red)