Mendagri Ajak Mahasiswa Unkhair Ternate Pilih Pemimpin yang Punya Konsep

oleh -53 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ternate : Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan kuliah umum di Universitas Khairun Ternate, Selasa (05/03). Kuliah umum dengan tema “Demokrasi dan Pemilu serentak 2019” diikuti oleh ratusan mahasiswa Unkhair dari berbagai jurusan. Hadir juga Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba, Kajati Malut, Rektor Unkhair Prof. Dr. Husen Alting, Walikota Tidore Kepulauan dan Bupati Halmahera Barat Danny Missy.

Tjahjo dalam penyampaian materi mengingatkan kepada seluruh masyarakat, khususnya mahasiswa/i yang hadir pada kuliah umum tersebut agar memilih pemimpin yang memiliki konsep dalam membangun NKRI, baik itu Calon Presiden maupun Gubernur dan Bupati/Walikota.”Ingat bahwa Pemilu itu pesta demokrasi, memilih pemimpin yang amanah, yang dia punya konsep, punya gagasan, punya ide, untuk bangsa dan negara kedepan, Bupati Walikota juga sama,”kata Tjahjo

Baca Juga  Arsenal Harus Bangun Tim di Sekitar Oezil

Ditambahkan pemilihan langsung secara demokratis oleh rakyat masih dipertanyakan urgensinya oleh para akademisi, pasalnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, Tjahjo mengatakan, pemilihan langsung sudah baku dalam Tata Negara Indonesia, olehnya itu anggaran bukan ukuran seseorang bisa menjadi pejabat publik.
“Seseorang bisa jadi anggota DPR, 200 juta dia bisa jadi anggota DPR, apa yang 50 juta jadi anggota DPR?. tapi ada yang tanpa mengeluarkan uang jadi anggota DPR. jadi bukan itu ukurannya untuk jadi bupati ataupun gubernur.
Tapi sebuah proses inilah yang kita bangun dalam demokrasi kita. Pilih pemimpin yang amanah, yang dipimpin langsung oleh rakyat secara demokratis jelasnya

Link Banner

Tjahjo juga menjelaskan, tujuan dari pemilihan serentak adalah untuk memastikan program strategis nasional dari seorang presiden terpilih bisa berjalan baik di tingkat provinsi, seiring dengan program Gubernur, dan Bupati/Walikota terpilih.

Baca Juga  PLN Gunakan Terra Drone untuk Survey Jalur Listrik Desa di Maluku Utara

Sebelum mengakhiri pemaparan materinya, Tjahjo memberikan pesan kepada mahasiswa selaku generasi penerus bangsa, agar memiliki impian yang tinggi.”Adek-adek sebagai mahasiswa harus punya impian harus punya imajinasi kenapa saya harus masuk di perguruan tinggi Unkhair, harus punya impian dan imajinasi, cetusnya

Dia juga mengutip pesan Sang Proklamator Ir. Soekarno, untuk membangkitkan semangat generasi mileneal Khairun Ternate.

“Bung Karno pada saat dia menjadi Presiden, dia selalu menyampaikan setiap manusia, setiap pemimpin harus punya impian, dengan dia punya impian dan imajinasi dia pasti punya konsep-konsep dengan dia punya konsepsi-konsepsi, dia pasti mampu melaksanakan konsepsi-konsepsi itu untuk kemaslahatan bangsa dan negara ini, tutup Mendagri (red)