Mengapa Qada Tidak Dapat Ditunda atau Diubah?

oleh -43 views

Salah satu bentuk takdir dalam ajaran Islam adalah qada atau takdir yang tidak bisa diubah ketetapannya. Lantas, mengapa qada tidak dapat ditunda atau diubah?

Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan sebaik-baik penciptaan. Allah SWT sudah merencanakan yang terbaik untuk manusia, bahkan sejak manusia belum diciptakan.

Apa saja yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT atas manusia disebut dengan takdir. Dikutip dari Bachrul Ilmy dalam buku Agama Islam menjelaskan terdapat dua macam takdir pada manusia.

Qadar berarti takdir yang bisa diubah sesuai dengan keinginan dan usaha manusia. Sementara itu, qada adalah sebutan untuk takdir yang tidak dapat diubah.

Link Banner

Secara bahasa, qada artinya memutuskan atau menetapkan sedangkan secara istilah, qada berarti ketetapan Allah SWT kepada setiap makhluk-Nya sebelum keberadaan atau kelahirannya.

Baca Juga  Milan Ditahan Imbang Sassuolo, Inter di Ambang Juara Liga Italia

Dengan kata lain, qada merupakan rencana Allah SWT terhadap makhluknya. Sementara itu, rencana ini hanya Dia yang mengetahui dan Dialah yang bisa mengendalikannya.

Fida’ Abdilah dan Yusak Burhanudin dalam buku Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI menjelaskan alasan mengapa qada tidak dapat ditunda atau diubah adalah karena ini merupakan ketetapan Allah SWT yang sudah ada sejak zaman azali atau masa ketika alam semesta belum diciptakan.

No More Posts Available.

No more pages to load.