Mengenal Hari Tanpa Pakai Bra yang Rajai Trending Topic Twitter Hari Ini

oleh -78 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Hari tanpa memakai bra atau selalu diperingati setiap 13 Oktober. Sepanjang hari ini, netizen dari berbagai negara menggunakan  hastag #NoBraDay sehingga menjadi trending topic.

Di Indonesia tak kalah seru. Netizen rama-ramai membicarakan topik tersebut. Ada yang serius, tetapi ada pula yang menggunakan perspektif guyonan.

Misalnya, musisi Ananda Sukarlan. Melalui akun Twitter @anandasukarlan. Dia bilang: “Trending topic hari ini kok #NoBraDay. Saya ga cuma hari ini, tiap hari juga ga pernah pakai. Basi ah.” 

Bahkan admin Muhammadiyin Garis Lucu, @MuhammadiyinGL, pun ikut-ikutan latah. “Mau ikutan posting #NoBraDay tapi piye yo?” katanya.

Hari tanpa Bra merupakan kampanye untuk tujuan positif yaitu meningkatkan kesadaran kaum perempuan terhadap kanker payudara, demikian dilaporkan awarenessdays.co.uk.

Sejak kapan kampanye ini muncul sebenarnya belum dapat dipastikan. Tetapi menurut laporan Kompas pada Oktober 2016 silam, kegiatan tersebut mulai bergaung sejak 2011.

Baca Juga  Kakankemenag Halsel: ASN Harus Mampu Berinovasi dan Berkreasi dalam Bekerja

Situs awarenessdays.co.uk yang dikutip Kompas menyebutkan lewat kampanye publik diharapkan lebih ngeh terhadap pentingnya skrining kanker payudara.

Sedangkan situs Mirror.co.uk menjelaskan  kampanye merupakan salah satu dukungan terhadap pasien kanker payudara.

Di Indonesia, pada 2017, Tirto juga menurunkan ulasan tentang peringatan Hari Tanpa Bra. Disebutkan, kampanye dengan cara melepaskan bra sesungguhnya sudah dilakukan jauh sebelum diperingati pada abad 21. 

Kemarahan kaum feminis terhadap situasi di Amerika Serikat ketika itu melahirkan aksi bra burning.

Pembakaran bra memberikan pesan perlawanan terhadap stereotip perempuan dan perjuangan untuk mendapatkan kebebasan sebagai manusia yang setara dengan lelaki. (red/rtl/tirto/akurat)