Mengenal Lebih Jauh Sosok Dr. H. Muhammad Kasuba, MA, Kandidat Gubernur Malut 2024-2029

oleh -127 views
Link Banner

Porostimur.com – Ternate: Pemilihan Gubernur Maluku Utara tahun 2024 masih dua tahun lagi. Tetapi riak politik pilgub itu mulai dan kian terasa dari antusisias publik terutama barisan pendukung.

Dalam perspektif demokrasi langsung, geliat ini penting, agar calon-calon pemimpin bisa tersosialisi dengan baik sehingga rakyat nanti tak tersodori pilihan membeli kucing dalam karung. 

Banyak  politisi-politisi yang mulai bermunculan sebagai kandidat Gubernur Maluku Utara, baik melalui wacana publik, media sosial maupun media maeanstream. 

Salah satu politisi yang mengikrarkan diri sebagai kandidat Gubernur Malut adalah DR.H.Muhammad Kasuba, MA. Politisi santun ini menyatakan sikap politik terbuka akan mencalonkan diri sebagai calon gubernur pada pemilihan Gubernur Malut 2024 nanti.

Publik pun menyambut sikap mantan Bupati Hallel dua periode ini sebagai sikap pemimpin sejati karena  berani mengambil sikap dengan segala konsekuensi  resiko bukan pemimpin mencle-mencle yang masih menghitung untung rugi masih mencari funding dan sebagainya.

Siapa Muhamnad Kasuba? 

Putra bangsa dari Togale ini kelahiran Desa Bibinoi, Kabupaten Halmahera Selatan yang populer dengan panggilan akronim MK ini, dikenal sebagai pemimpin kharismatik bagi masa pendukingnya yang terkenal ultras alias militan. Bagi pendukung militannya, MK adalah hidup mati Gubernur Malut. MK pula disegani lawan sebagai lawan tanding politik yang bukan kacangan. 

Latar belakang dan sepak terjangnya dalam perpolitikan lokal Maluku Utara bukan isapan jempol. Eksistensinya di setiap panggung politik lokal tak luput mengharubiru dan selalu masuk hitungan kuat pihak lawan . 

Pembawaannya yang santun, religuis, respek tanpa mengenal status kaya atau miskin, penyantun dan penyayang kaum papa tetapi memiliki kepemimpinan yang tegas disiplin visioner dan pro rakyat membuatnya punya tempat tersendiri baik di mata pendukung maupun lawan politiknya. 

Baca Juga  Begini Rupanya, Cara Pria Hidung Belang Tawarkan Jasa Prostitusi ke Artis

Lulusan cumlude doktor ilmu pemerintahan ini diakui sosok pemimpin yang berintegritas dan berkarakter.

Pendiri IKA Togale ini dikenal sebagai pemimpin visioner dengan  gagasan dan programnya menjangkau  jauh kedepan. Visi besar yang bisa dibaca dari episode kepemimpinannya adalah soal  pendidikan, kesehatan dan pembangunan ahlak budi pekerti. 

Di era kepemimpinanya sebagai bupati dua periode, MK populer dengan program pendidikan dan kesehatan gratis. Dua program yang bertujuan membangun masyarakat Halsel yang sehat dan berkualitas SDM-nya. Program ini diakui sukses meningkatkan kualitas SDM dan peningkatan kualitas kesehatan. Dunia mengakui program malaria center dengan ganjaran penghargaan PBB atas program malaria center. 

Visi pembangunan karakter menjadi maeanstream kepemimpinannya. Salah satu program andalanya pengajian bagi ASN muslim yang dikelola para Dai kontrak Pemda Halsel dan pengajian bagi ASN Kristiani yang dikelola para pendeta. Terbaca bahwa bagi MK ASN tidak saja harus cerdas secara otak tetapi juga cerdas hati dan emosionalnya agar mampu mengemban amanat pelayanan rakyat secara jujur,  akuntable dan berintegritas. 

Muhammad Kasuba pula tipikal pemimpin yang berani mengambil terobosan. Dialah satu dari dua bupati se indonesia yang menerapkan kebijakan 10 persen APBD untuk alokasi dana desa mendahului setahun kebijakan Dana Desa dari APBN.

Karakter kepemimpinan MK merupakan temali dari sosok pribadi yang religuis dan berahlak. Lahir dan terdidik dari keluarga agamais, MK kecil sampai dewasa ditempa dengan pendidikan ahlusunnah waljamaah ala pendidikan pondok alkhaerat yang rahmatanlilalamin.

MK adalah produk tempaan langsung sang guru besar akhaerat Habib Aljufri.  Tak heran nilai agama Islam yang kental dalam dirinya masih konsen pada pentingnya pembangunan nilai -nilai kristiani yang kuat dalam pribadi setiap ASN kristiani di Pemda Halsel melalui program pengajian ASN kristiani.

Baca Juga  Cinta ditolak, kekasih beserta rumahnya pun dibakar

Nilai pendidikan Islam ahlusunnah waljamaah membentuk karakter MK yang toleran, santun dan penyayang terutama kaum lemah yatim piatu dan perempuan. Konon kala kunjunganya jika di tengah perjalanan pulang tersiar info ada perempuan yang tertinggal otomatis kapal harus kembali menjemputnya tak peduli sejauh mana. 

Halsel yang dipimpin selama 10 tahun itu bergerak maju baik SDM dan pembangunanya. Di eranya dermaga Babang telah melayani rute langsung kapal kargo Babang-Surabaya dan sebaliknya. Dampaknya harga barang jadi lebih murah dan hasil bumi bisa naik harga karena akses perdagangan langsung ke Surabaya.

Bandara Oesman Sadik Labuha juga rutin beroperasi setiap hari melayani kebutuhan transportasi cepat Halsel – Ternate – Manado -Makassar – Jakarta dan sebaliknya. Investasi pun bertumbuh karenanya dan sampai saat ini PT. HARITA Nickel juga telah berproduksi menyambung hidup rakyat Halsel dan Malut serta mengepulkan asap dapur negara. 

Energy Baru politisi Moderat. 

Eksistensi Muhamnad Kasuba dengan PKS nya merupakan energy baru politik kekuasaan yang moderat. Politik dipandang bukan soal rebutan kuasa semata tetapi upaya besar untuk mensejaterakan rakyat sekaligus membangun peradaban mulia. 

Indikasinya politik kekuasaan MK dengan PKS selalu hadir dengan gagasan -gagasan politik program. Program kesehatan, pendidikan dan pembangunan karakter  seolah menjadi maeanstream kepemimpinan mereka.

Tantangan dan ancaman. 

Tekad Dr. Muhammad Kasuba untuk maju tentu bukan tanpa alasan. Potensi politik yang dipunyai tetapi tantangan dan ancaman sudah pasti menghadang. Salah satunya kesiapan partai pengusung dan strukturalnya apa punya energi atau tidak guna menghantarkannya pada kursi yang kini masih diduduki sang kakak Gubernur AGK. 

Baca Juga  Komnas HAM Ragukan Komitmen Jokowi Soal Konflik Papua

Hampir pasti Ketua DPP Bidang Pembinaan Wilayah Indonesia Timur ini terdepan tidak ada lawan menggunakan PKS sebagai perahunya menuju Gosale puncak. Tetapi harus diingat bahwa modal PKS saja belum cukup dimana saat ini fraksi PKS hanya tersisa 3 kursi. Kekuatan yang masih menyiratkan pesimisme sebagian kalangan pakar.

Jalan untuk mencapainya tak lain MK harus terus memompa semangat militan struktur dan kader PKS agar melejit ke angka 9 kursi agar MK bisa melanggang kangkung ke pilgub Malut.

Target pesimis mungkin iya dengan berupaya meraih 3 kursi tambahan menjadi 6 kursi agar bergening koalisi bisa dimaklumi kawan koalisi sebagai parner calon gubernur mereka. 

Jalan ke arah sana memang sedang dirajut MK dimana beberapa hari lalu, Sabtu (9/10) dia bersama PKS menggelar workshop pemenangan pemilu dan bedah dapil dengan tujuan meraih kemenangan pemilu dan Pilgub Malut. 

 So kita tunggu hasilnya. 

Bio data Dr. Muhammad Kasuba, MA. 

Dr. H. Muhammad Kasuba, M.A. adalah Bupati Halmahera Selatan 2 periode yakni 2005–2010 dan 2010–2015. Kasuba pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Maluku Utara Fraksi PKS periode 2001–2005 dan Anggota DPRD Maluku Fraksi PKS periode 1999–2001. Kasuba merupakan adik Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba. Wikipedia

Kelahiran: 24 September 1960 (usia 61 tahun)

Masa jabatan 2005–2010: Masa jabatan; 2005–2010

Masa jabatan 17 Januari 2011 – 17 Januari 2016: Masa jabatan; 17 Januari 2011 – 17 Januari 2016

Hubungan: Abdul Ghani Kasuba (abang); Bahrain Kasuba (keponakan).

(red/pikiranummat.com)

No More Posts Available.

No more pages to load.