Mengenal Sosok Jimi Hendrix, Dewa Gitar Legendaris Bertangan Kidal Asal Amerika

oleh -11 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Di zaman modern ini banyak sekali remaja yang sudah tidak asing lagi dengan alat musik yang namanya gitar. Karena alat musik gitar ini juga sudah ada dari zaman dahulu kala jadi bagi para remaja sudah sangat awam untuk bisa tau bagaimana suara gitar, terbuat dari apa, dan cara memainkannya.

Biasanya alat musik gitar terpakai pada saat kondisi seperti festival musik, grup band yang salah satunya beranggotakan gitaris, dan dalam keadaan santai seperti saat sedang berkumpul dengan teman-teman atau memainkanya dengan sendirinya, dan lain-lainnya.

Bagi para remaja di zaman ini banyak yang bisa memainkan alat musik gitar namun kurangnya rasa ingin tahu dan mengenali dari para sosok ahli gitaris zaman dahulu, dan salah satu sosok ahli gitaris tersebut adalah Jimi Hendrix.

Jimi Hendrix adalah sosok yang sangat fenomenal dia lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat pada tanggal 27 November 1942.

Lahir dengan nama Johnny Allen Hendrix yang kemudian berganti nama menjadi James Marshall Hendrix, dan kenapa dia merupakan sosok yang sangat fenomenal dikarenakan dia berkali-kali dinobatkan sebagai gitaris terbaik sepanjang masa namun sayangnya karir Jimi Hendrix ini dapat terbilang singkat karena dia meninggal pada tanggal 18 September 1970 di usia nya yang ke-27 tahun yang membuatnya menjadi salah satu member 27club.

Jimi Hendrix pertama kali membeli gitarnya saat usianya 15 tahun, dari sejak kecil terutama SD (sekolah dasar) dia sudah sangat mencintai alat musik gitar dan memainkanya melalui alat sapunya.

Dia tumbuh dan mencintai musik blues dengan mendengarkan B.B King dan Robert Johnson. Tidak jauh dengan yang namanya kenakalan remaja, pada saat remaja Jimi Hendrix tertangkap akibat kasus pencurian mobil dan diancam 5 tahun dipenjara.

Namun jaksa memberikan tawaran kepada Jimi dan bebas untuk dipilih yaitu masuk penjara atau menjadi tantara, dan saat itu Jimi akhirnya memilih menjadi tentara.

Baca Juga  Jelang Pendaftaran, Partai Gerindra Jatuh ke Pelukan Hendrata-Umar

31 Mei 1961 Jimi tiba di daerah California untuk memulai latihan dasar dan menjadi bagian di juru tulis.

Dikarenakan kecintaaan terhadap musik dia tetap bermain alat gitar musik di kamp militer yang telah dikirimkan oleh ayahnya. Dikarenakan bermain musik Jimi akhirnya berkenalan dengan Billy Cox yang akan menjadi bassist-nya kelak.

Kemudian Jimi bertahan menjadi tentara dan Jimi sendiri tidak suka bahkan benci menjadi bagian dari tentara dan akhirnya diberhentikan secara hormat oleh seorang sersan.

Setelah Jimi dilepaskan menjadi seorang tentara mulailah Jimi dan Billy sering tampil di berbagai macam wilayah dan pernah membuat lagu di label rekaman namun gagal, Jimi sendiri juga pernah menjadi gitaris dari Little Richard.

Karir musik ini mulai menunjukan titik terang dari 1966 di mana ada salah satu personil dari The Animals yang bernama Chas Chandler mengenalkan dua musisi dari inggris yang bernama Noel Redding sebagai bassist dan Mitch Mitchell sebagai drummer.

Akhirnya mereka bertiga membentuk band yang bernama The Experience, dan Bersama band inilah Jimi Hendrix tumbuh menjadi dewa gitar yang baru pada zaman itu lagu-lagu yang dibawakan oleh mereka merupakan perpaduan dari kebisingan distorsi dan keanggunan blues. Kalau dari sesi suara Jimi ini memang tidak ada apa-apanya namun dalam perihal gitar Jimi Hendrix ini lah maestro nya bahkan rock and roll hall of fame menyebut bahwa Jimi Hendrix ini adalah Instrumentalis terbaik dalam sejarah musik rock.

Baca Juga  Pengacara Hadirkan Saksi Ahli PBB di Sidang Kasus RMS

Kenapa bisa sampai seperti itu karena cara Jimi Hendrix memainkan alat musik gitar nya sangat keren seperti dia mempunyai teknik menggigit senar gitar pakai giginya walaupun memang itu bukan dari ciptaan nya tetapi ketika Jimi Hendrix yang memainkanya orang-orang yang menontonya dibuat tercengang olehnya.

Tidak hanya itu yang dapat membuat tercengang orang-orang Jimi Hendrix juga merupakan gitaris yang kidal dan pada zaman itu belum ada pabrik gitar yang membuat setelan untuk cara orang kidal memainkanya, jadi cara unik dan hebatnya Jimi Hendrix adalah dengan cara memutarkan gitar tersebut dan bisa memainkanya.             

Nah dari cara bermain yang luar biasa itulah yang mengantarkan Jimi Hendrix menjadi gitaris terbaik sepanjang masa, dan namun sayangnya memang perjalananya musik Jimi Hendrix ini tidak berlangsung lama seperti yang tadi dibilang Jimi Hendrix meninggal pada tanggal 18 September 1970 diakibatkan tersedak oleh muntahnya sendiri.

Yang pasti dengan segala kepopuleranya dia,jadwal manggung yang padat membuat Jimi Hendrix merasa kecapean atau Lelah kesehatan juga menjadi tidak karu-karuan lagi. Faktor tersebut ialah yang mempengaruhi Jimi Hendrix karena beberapa hari sebelum hari kematiannya Jimi ini memang dalam keadaan kesehatan yang memburuk.

Sebagian kelelahnya yang dikarenakan jadwal manggung nya yang banyak, kurang tidur kronis, dan penyakit yang diduga disebabkan oleh influenza. Hal lain yang menyebabkan kondisi fisik Jimi menurun juga dikarenakan ketidaknyamanannya dengan hubungan pribadi nya serta kekecewaanya dengan industri musik,Selain itu juga ada kontribusi dari frustasi nya.

Baca Juga  New Normal, Kemensos Potong Bansos Tunai Jadi Rp 300 Ribu

Nah meskipun rincian jam terakhir kematian Jimi Hendrix ini masih menjadi perdebatan yang jelas Jimi Hendrix ini mengahabiskan jam-jam terakhirnya bersama pacarnya yang bernama Monika Dannemann.

Dan dalam meninggalnya sang legendaris dewa gitar ini membuat fans atau masyarakat membuat opini mereka masing-masing sehingga muncul konspirasi yang cukup kental, konspirasi mengenai kematian sang legendaris dewa gitar ini antara lain adalah konspirasi Hendrix dibunuh karena berbagai karyanya yang bisa mengubah sosial politik, konspirasi kematian Jimi Hendrix dikarenakan mengkomsumsi obat-obatan terlarang sehingga menjadi overdosis, konspirasi Jimi Hendrix yang melakukan perjanjian dengan setan yang mebuatnya menjadi mati muda yang dimaan karir nya masih cemerlang dan memasuki member 27club, konspirasi bahwa Jimi Hendrix dibunuh oleh pacar nya sendiri yaitu Monika Dannemann, dan konspirasi Jimi Hendrix dibunuh oleh mantan manager musiknya.

Dari pembahasan diatas yang telah diberikan, kita dapat menyimpulkan bahwa Jimi Hendrix merupakan sosok gitaris yang hebat dan maestro dalam cara menggunakan gitarnya, sosok Jimi juga menjadi inspiratif bagi para remaja di zaman sekarang yang belum mengerti tentang alat musik gitar atau belum menemukan sosok yang inspiratif dalam alat musik gitar maka dari itu sosok Jimi itu sendiri dapat membuat semangat para remaja  dalam menekuni perihal cara bermain gitar. (red/hipwee)