Mengenal Umat Kristen Palestina

oleh -21 views

Porostimur.com | Yerusalem: Perayaan Natal adalah musim yang menyenangkan dan waktu paling indah bagi umat kristen, termasuk bagi umat kristen di Palestina. Ini beberapa hal yang perlu diketahui tentang umat Kristen Palestina.

1. Kristen Palestina itu ada
Orang kerap kali menggambarkan semua orang Palestina sebagai Muslim. Tak jarang pula orang salah menggambarkan perjuangan Palestina sebagai perjuangan Islam. Padahal tidak demikian, di Palestina pun ada umat kristiani meskipun hanya minoritas.

2. Umat kristiani Palestina berasal dari kota suci yang sama.
Umat kristiani Palesetina berasal dari kota yang sama dengan yang dibicarakan di gereja dan sekolah Minggu di seluruh dunia barat, seperti Bethlehem, Nazareth, Yerusalem, dan banyak lagi.

Baca Juga  Bupati Haltim Hadiri Peluncuran Kolaborasi Pemanfaatan Sistem Registrasi Sosial Ekonomi

3. Umat kristen Palestina terus menjaga tradisi Kristen tetap hidup
Eropa mulai mengadopsi agama Kristen ketika masih menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi, pada abad ke-4 Masehi. Sebelumnya, itu tetap hidup oleh orang-orang Kristen di Palestina dan wilayah Levant yang lebih luas, di mana tradisi kuno masih berkembang hingga saat ini. Salah satunya adalah tradisi Paskah, ketika ribuan umat berduyun-duyun ke Gereja Makam Suci di Yerusalem.

4. Peziarah cenderung mengabaikan keberadaan umat Kristen Palestina
Banyak orang mengunjungi berbagai situs suci di Israel bahkan mengunggahnya di media sosial Facebook. Tapi apakah juga diberitahu, bahwa umat kristen Palestina sendiri dilarang mengunjungi banyak dari situs-situs itu. Misalnya, Israel melarang orang Kristen di Gaza pergi ke Betlehem untuk merayakan Natal tahun 2019.