Menkeu Sri Mulyani Janji Tindaklanjuti Keluhan APBD Maluku

oleh -171 views
Link Banner

Porostimur.com |Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku akan segera menindaklanjuti keluhan sejumlah kepala daerah di Maluku yang menyebut Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD ) mereka sangat minim.


Kemenkeu akan segera mempelajari data-data transfer daerah hingga dana alokasi umum dan khusus yang diberikan kepada daerah-daerah di Maluku.

Menurutnya, jika terkait dengan kebutuhan pembiayaan infrastruktur, maka hal itu bisa dibicarakan juga dengan kementerian lain terkait kemungkinan dilakukan kerjasama.


“Pembangunan infrastruktur yang bisa dibantu apakah melalui Kementerian Lembaga atau melalui APBD -nya. Karena kalau APBD -nya tentu dilihat berapa jumlah belanja Kementerian Lembaga untuk di daerah tersebut,” ujar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (29/10).


Ia juga memastikan bahwa Presiden Jokowi mengkonfirmasi hal itu kepadanya. Sri Mulyani berjanji, akan segera menindaklanjuti permasalahan tersebut dan melakukan kajian lebih dalam terkait kebutuhan pendanaan dan alokasi anggaran yang tersedia.

Baca Juga  Antisipasi 11 potensi konflik, Kapolda kunjungi Polres Ambon


“Kita akan lihat juga kebutuhannya,” tutur Sri Mulyani.


Meski demikian, Sri Mulyani tidak menyebutkan lebih lanjut bahwa kepentingan dana di daerah Maluku tersebut untuk apa.

Ia hanya meminta para kepala daerah tersebut untuk bersabar dan pihaknya akan mempelajari hal itu sesegera mungkin.


“Saya gak mau spekulasi,” tegasnya.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat keluhan dari sejumlah kepala daerah Provinsi Maluku, terkait minimnya APBD wilayah tersebut.

Keluhan para kepala daerah Maluku itu disampaikan langsung kepada Jokowi melalui rapat terbatas, Senin (28/10) malam.


Mereka yang menghadiri pertemuan dengan Presiden terdiri dari gubernur dan wakil gubernur, tujuh bupati, serta satu wali kota.

Jokowi berjanji bakal menindaklanjuti keluhan tersebut. Dia akan meminta Menteri Keuangan, Sri Mulyani, untuk memberi perhatian lebih terhadap APBD Maluku.

Baca Juga  Juara Pengelola Keuangan Desa Berbasis Masyarakat, Kades Maregam Diundang ke Kegiatan Brand Marking di India


“Memang APBN kita juga ada keterbatasan, tetapi usulan yang tadi disampaikan nanti siang akan saya telepon langsung kepada Menteri Keuangan untuk bisa memberikan perhatian yang lebih kepada Provinsi Maluku,” kata Jokowi dalam keterangan pers Istana, Selasa (29/10). (red/rtl)