Menkopolhukam & Mendagri Gelar Pertemuan Dengan Forkopimda Maluku Terkait Corona dan Pilkada 2020

oleh -33 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Menkopolhukam beserta rombongan yang tiba siang tadi di Ambon dalam rangka kunjungan kerja memberikan pengarahan kepada Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku dan mengecek kesiapan Provinsi Maluku dalam menghadapi Pilkada Serentak, bertempat di Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Kamis (23/07/2020).

Kegiatan dibuka dengan sambutan Gubernur Maluku Irjen. Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail, S.H selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku. Gubernur Maluku dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Menkopolhukam beserta rombongan yang telah menyempatkan waktu untuk datang dan bertatap muka langsung dengan seluruh Forkopimda Provinsi Maluku.

Selanjutnya kegiatan diisi dengan pengarahan Wakil Ketua DPD RI Letjen TNI Mar (Purn) Dr. Nono Sampono, S.Pi., M.Si. dengan topik pembicaraan membahas perkembangan lingkungan strategis Asia-Pasifik (Aspas) dalam menjaga kedaulatan NKRI. Wakil Ketua DPD RI menjelaskan, RUU Provinsi kepulauan sudah diperjuangkan oleh DPD karena menyangkut nasib Delapan Provinsi Kepulauan dan Presiden sudah mengutus tujuh Menteri yang terkait untuk membahas hal ini.

Baca Juga  Rapat Evaluasi Gugus Tugas Covid-19 Kembali Digelar

“Jadi  harapan Saya Kita doakan agar Keputusan RUU ini final dan disetujui”, harapnya.

Link Banner

Kemudian dilanjutkan dengan arahan Panglima TNI yang diwakilkan oleh Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto yang membahas pendisiplinan masyarakat dalam protokol kesehatan Covid-19 oleh TNI.

Dilanjutkan dengan pengarahan Wakapolri Komjen Pol.Dr.Drs. Gatot Eddy Pramono.M.Si mewakili Kapolri yang menyinggung masalah pendisiplinan Masyarakat dalam Protokol Kesehatan Covid-19 oleh Polri dan pengamanan Objek Vital Nasional (Obvitnas) pada masa Pandemi Covid-19.

Disusul arahan Mendagri Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., yang menyinggung kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di tengah Pandemi Covid-19.

Kegiatan diakhiri dengan Pengarahan Menkopolhukam Mahfud MD yang menitik beratkan kepada perkembangan situasi politik terkini. 

Baca Juga  Lahan eks Hotel Anggrek, penyidik kantongi nama tersangka baru

Mendagri dalam wawancara persnya mengatakan, “Kami kesini selain melihat kondisi terkini masalah penanganan Covid 19 Kami juga akan meminta pendapat dari beberapa Kabupaten yang akan melaksanakan pilkada dan juga membahas apa langkah langkah dari Gubernur Maluku dalam mencegah Covid 19 di Provinsi Maluku”.

Lebih lanjut Mendagri menjelaskan, kedepan Presiden membentuk komite yang baru dimana komite ini untuk menyatukan antara penanganan kesehatan, krisis sosial dan ekonomi keuangan secara sistematis dan lebih terorganisir, dipimpin Menko Ekonomi dan Wakilnya ada tiga menko termasuk Menkopolhukam, Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan dan Ketua Pelaksana yaitu Mentri BUMN dan dua Satgas dipimpin oleh Kepala BNPB Pusat dan Wakil Menteri Keuangan.

Baca Juga  Jumat Siang Gempa M 3,3 Terjadi di Ambon

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Provinsi Maluku, penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu), Bupati/Walikota, Forkopimda Kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Maluku. (keket)