Menlu Ukraina Desak Dunia Buktikan Dukungan Terhadap Perdamaian

oleh -48 views
Prajurit Ukraina menembak ke arah posisi Rusia di garis depan dekat Kherson, Ukraina selatan, Rabu, 23 November 2022.

Porostimur.com, New York – Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mendesak negara-negara di dunia untuk membuktikan bahwa mereka mendukung Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dia meminta agar global memberikan suara mendukung resolusi PBB yang menyerukan perdamaian.

Kuleba mengatakan dalam sesi khusus darurat Majelis Umum PBB pada Rabu (22/2/2023), bahwa meskipun Moskow menawarkan negosiasi, nyatanya negara itu masih ingin menghancurkan Kiev sebagai sebuah bangsa. Dia mengatakan, resolusi terbaru dan yang sudah disepakati akan berkontribusi pada upaya bersama kita untuk mengakhiri perang.

Resolusi tersebut akan dilakukan pemungutan suara pada Kamis (23/2/2023). Sebelumnya Majelis Umum (MU) PBB telah menyetujui lima resolusi yang menyoroti perang di Ukraina.

Baca Juga  Haji Robert, Boss Tambang yang Rela Kucurkan Ratusan Miliar Bantu Warga Malut Hadapi Covid-19

“Momen yang menentukan untuk menunjukkan dukungan, persatuan, dan solidaritas,” ujar Kuleba.

Kuleba memiliki pesan untuk negara-negara yang ingin berteman dengan kedua belah pihak dan ingin mengakhiri perang dengan hasil apapun. “Dalam perang ini tidak ada dua pihak, ada agresor dan korban,” ujarnya.

“Satu negara hanya ingin hidup. Yang lain ingin membunuh dan menghancurkan. Tidak ada negara lain di dunia yang menginginkan perdamaian seperti halnya Ukraina,” kata Kuleba.