Menteri KKP Ingin Mahasiswa Maluku Jadi Pengusaha Perikanan

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo mendorong mahasiswa Maluku agar bisa menekuni usaha perikanan mengingat besarnya potensi perikanan tangkap maupun budidaya di provinsi mereka tinggal.

Dari 12,54 juta ton potensi sumber daya ikan Indonesia, 4 juta-nya berasal dari perairan Maluku. Jumlah tersebut menandakan besarnya potensi perikanan tangkap di provinsi tersebut. Di samping itu, Maluku juga punya lahan potensial untuk budidaya ikan.

“Saya ingin meningkatkan bagaimana peran masyarakat Maluku sendiri dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki. Kalian yang di sini juga jangan hanya memberi masukan, terjun juga ke lapangan jadi pemain (pelaku usaha),” ujar Menteri Edhy dalam keterangannya, Rabu (26/8/2020).

Baca Juga  Subdit IV Ditreskrimum tahap II-kan kasus perusakan hutan

Pihaknya juga bahkan menargetkan hasil perikanan Maluku bisa diekspor langsung tanpa melalui Jakarta, baik itu melalui jalur laut maupun udara.

Link Banner

Nantinya, mahasiswa yang terjun ke usaha perikanan akan didukung dengan pinjaman modal, bantuan fasilitas, dan bimbingan teknis. Yang terpenting, sambung Edhy, setelah lulus nanti mereka serius dalam menjalankan usaha perikanan.

Usaha yang dimaksud bisa meliputi perikanan tangkap, budidaya, bahkan kuliner. Untuk permodalan, KKP sendiri telah menyiapkan dana BLU berupa pinjaman tanpa agunan dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui perbankan.

“Agunannya cukup aktivitas usaha kalian. Bunganya pun kecil hanya 3 persen,” jelasnya.

Adapun, perwakilan mahasiswa yang bertemu Menteri Edhy berasal dari PB Pergerakan Pelajar Maluku yang beranggotakan sekitar 2.000 putra – putri Provinsi Pulau Seribu dan tengah menempuh pendidikan di Jakarta. (red/rtm/liputan6)