MHB Motivasi Entrepreneur Milenial Kota Ternate

oleh -16 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Setelah bersilaturrahmi dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga Kadaton Tidore, Muhammad Hasan Bay juga di undang Ternate Entrepreneur, Selasa (15/9/2020) tadi malam.

Calon Walikota Ternate berlatar belakang pengusaha dan politisi itu diminta memberikan motivasi entrepreneur kepada sekitar 30 puluhan milenial di Istana Café yang ingin menekuni dunia entrepreneurship.

Hasan Bay memberikan tips, bahwa untuk membangun usaha maka ada dua hal penting yang harus dimiliki seorang calon pengusaha yakni; jujur, dan fokus. Kejujuran dan fokus akan melahirkan kepercayaan. Kepercayaan melahirkan modal.

“Ketika mengerjakan proyek pertama, uang di dompet saya saat itu hanya Rp 15.000. Tapi karena saya membangun relasi dengan kepercayaan dan kejujuran, maka Alhamdulillah, saya bisa menyelesaikan proyek pertama dengan sukses,” MHB menceritakan kisahnya ketika memulai bisnis.

Link Banner

Hasan Bay juga memberikan filosofi dasar bahwa untuk membangun bisnis harus totalitas.

Baca Juga  Liverpool Resmikan Perekrutan Kostas Tsimikas

“Kalau adik-adik ingin terjun ke dunia entrepreneur, harus memulai dengan pacaran dan kemudian sampai serius dan sampai menikah. Maksudnya, harus total tidak bisa lirik kiri, lirik kanan. Ibarat kalau kita sudah pacaran dan nikah, harus fokus pada yang kita nikahi. Kemudian mulailah membangun relasi atau jaringan,” ungkap Hasan Bay dan disambut dengan tepuk tangan antusias dari peserta.

“Orang Sukses itu satu saja, melakukan yang kecil-kecil tapi sifatnya rutin, “ tambah Hasan Bay

Ternate Entrepreneur sudah eksis selama 4 tahun dan tujuannya, menjadikan anak muda Ternate sebagai pengusaha.

Saat ini menurut Koordinatornya, anggota Ternate Entrepreneur sekitar seribuan dan tersebar selain di Ternate juga di kabupaten/kota lain di Maluku Utara.

Baca Juga  Teringat Virus Corona, Ini 5 Film Keren tentang Wabah Menular

Saat ini mereka menjalankan bisnis Multi Level Marketing (LML) dengan menjual produk.

Hasan Bay mengatakan bahwa bisnis MLM adalah menjual produk tinggal mengasah jiwa sales saja.

“Pertanyaannya adalah, jiwa sales saya ada atau tidak. Itu dulu. Tapi saya berharap bahwa hari ini kalian jadi sales, tapi kedepan bisa jadi pembuat produk. Apa saja,termasuk bisnis kuliner, dan lainnya. Dan bisa membuat brand sendiri,” tantang Hasan Bay.

Menurut Hasan Bay, memulai itu hal yang paling berat. Namun semuanya ada jalan. Yang terpenting adalah selalu memotivasi diri sendiri, mengenali kemampuan diri dan perlunya inovasi dan ide-ide kreatif. Apalagi dunia saat ini tengah berlangsung revolusi 4.0. Semua digerakkan dengan digitalisasi.

Baca Juga  Elnusa Rampungkan Survei Seismik 2D di Perairan Saumlaki

“Modal hanya untuk membuat usaha, marketingnya melalui online, jadi tak perlu tempat. Saat ini yang paling laris adalah produk kuliner rumahan. Nah, ini kesempatan kalian para milenial, untuk mengembangkan ide-ide kreatif dalam menghasilkan produk

Muhammad Hasan Bay menekuni dunia usaha pada usia 19 tahun dengan menjalani pekerjaan sebagai buruh pelabuhan, buruh truk dan buruh bangunan. Ia tak tertarik menjadi PNS, padahal lowongan menjadi PNS ketika itu di Jayapura sangat menjanjikan.

“Saat itu, kantor yang cari pegawai untuk semua lulusan. Mulai SD sampai Sarjana. Tapi saya tak berminat, tekad saya yang paling kuat itu menjadi pengusaha,” ceritanya mengakhiri silaturahmi dengan Ternate Entrepreneur. (red/adv)