Modayama kini Punya Rumah Baca

oleh -71 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Peningkatan minat baca masyarakat melalui Rumah Baca Modayama menjadi salah satu agenda utama dari empat agenda Program Bina Desa Universitas Khairun Ternate yang diluncurkan Rekror Universitas Khairun Ternate, Prof DR.Husen Alting SH.M.A di desa Modayama Kecamatan Kayoa Utara. Rumah Baca Modayama diresmikan kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan provinsi Maluku Utara, Rahwan K Suamba didampingi Rekror Universitas Khairun Ternate, dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku Utara, DR. Wahda Zainal Imam.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan provinsi Maluku Utara, Rahwan K Suamba menjelaskan rumah baca atau perpustakaan merupakan sarana sumber pengetahuan masyarakat yang sangat mendukung peningkatan pengetahuan masyarakat. Karena saat ini perpustakaan telah bertransformasi sehingga pengelolaan perpustakaan akan jauh lebih baik lagi kedepan.

Baca Juga  Pimpin Rapat Online, Gubernur Maluku Tekankan Tiga Point Hadapi Covid-19

Lanjut wawan, Perpustakaan tidak hanya menjadi tempat bacaan namun telah bertransformasi menjadi pusat berkegiatan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ini sejalan dengan apa yang digagas oleh Universitas Khairun Ternate pada Program Bina Desa dimana pemanfaatan potensi desa bertujuan meningkatkan Sumber Daya Manusia dan taraf hidup masyarakat melalui potensi desa khususnya di desa Modayama.

Oleh karena itu, ia bersama Tim Sinergi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial provinsi Maluku Utara akan menjadikan Rumah Baca Modayama sebagai proiritas untuk merancang program pengembangan baik penguatan kwalitas SDM pengelola, peningkatan fasilitas dan koleksi serta membantu menyusun rancangan program layanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Link Banner

“Nanti Saya dan Tim Sinergi provinsi Maluku Utara akan membantu merancang program pengembangan kwalitas SDM pengelola, peningkatan fasilitas dan item layanan kegiatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, kata Wawan.

Baca Juga  Rencanakan Kudeta, Sederet Perwira Militer Sudan Ditangkap

Sementara itu, Rektor Unkhair Ternate, Prof DR. Husen Alting dalam kesempatan tersebut meminta kepada pemerintah desa dan masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan desa tersebut menjadi titik aktifitas membaca masyarakat sehingga perpustakaan terus beraktifitas.

Selain disaksikan Rektor Unkhair Ternate dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Maluku Utara, juga disaksikan Camat Kayoa Induk, Camat Kayoa Utara, para kepala desa Se Kecematan Kayoa Kabupaten Halmahera Selatan dan Tim Sinergi provinsi Maluku Utara. (red)