Momen Mesra Kahiyang-Bobby Suap-suapan Usai Adat Pemberian Marga

oleh -48 views
Link Banner

@Porostimur | Medan : Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution menampilkan kemesraan dalam rangkaian prosesi adat pemberian marga untuk Kahiyang. Putri Presiden Jokowi itu suap-suapan dengan suaminya.

Adat mambutong-butongi mangan atau memberikan makanan ini dilaksanakan di rumah di Jalan STM/Sukatangkas, Medan, Selasa (21/11/2017) pukul 10.04 WIB. Ini adalah kediaman Doli Sinomba Siregar, tulang atau kakak laki-laki dari ibunda Bobby.

Kahiyang dan Bobby tampak diberikan sirih oleh pihak keluarga. Dalam adat Batak Mandailing ini adalah simbol ucapan sukacita kepada pengantin baru. Mereka kemudian disajikan berbagai hidangan untuk dimakan berdua.

Kahiyang mengawali dengan meminum air putih, kemudian mengambil hidangan yang disediakan. Bobby pun melakukan hal yang sama. Terdengar pembawa acara mengatakan panganan yang mereka makan itu adalah telur, garam dan nasi.

Setelah itu, Kahiyang dan Bobby diminta kembali mengambil makanan. Namun kali ini, mereka diminta saling menyuapi satu sama lain. Pasangan pengantin baru ini pun terlihat mesra. Banyak tamu yang mengabadikan momen itu dengan kamera handphone.

Baca Juga  Pangdam Pattimura akan Lanjutkan Program Emas Biru dan Emas Hijau yang Digagas Doni Monardo

Pembawa acara mengatakan, momen suap-suapan itu adalah bentuk adanya saling kasih dalam adat Tapanuli Selatan.

Sebelum prosesi Mangupa ini, Kahiyang dan Bobby diberi nasihat oleh para tetua adat, termasuk dari Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi. Mereka juga didoakan agar jadi keluarga sakinah, mawadah, warahmah dan mempuyai keturunan yang saleh dan saleha.

Khusus kepada Kahiyang, dia diminta agar mempelajari adat Tapanuli Selatan. Dia diminta agar bisa berbaur dengan pihak keluarga Siregar dan Nasution, serta memperhatikan wilayah Sumatera Utara.

Kahiyang dalam acara itu berterima kasih dirinya diterima menjadi boru Siregar.

“Terima kasih untuk raja adat yang sudah datang di sini dan terima kasih atas pemberian gelar Siregar kepada saya. Semoga dapat saya amalkan marga Siregar ini dan semoga keluarga saya menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah. Terima kasih,” ujar putri Solo ini.

Baca Juga  Pencegahan Wabah Virus Corona di Halbar Terkendala APD

Bobby pun gantian memberikan kata sambutan. Dia juga berterima kasih atas pemberian marga Siregar kepada istrinya.

“Mudah-mudahan marga yang diberikan kepada Kahiyang menjadi berkah dan dia bisa menjaga marga Siregar yang telah diberikan,” ucapnya. (web-dtc)