Momentum KSR PMKRI Maluku-Malut, PMKRI Ambon Akan Dorong Beberap Isu Sentral

oleh -92 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Momentum Konferensi Studi Regional PMKRI Komisariat Regio Maluku-Maluku Utara yang akan digelar di Kota Langgur Kabupaten Maluku Tenggara pada tanggal 16 – 19 Maret 2022.

Kendati demikian PMKRI Cabang Ambon sudah mempersiapkan konsep yang matang melalui kajian, terkait beberapa isu sentral di Maluku yang sebagai episentrum gerakan PMKRI Cabang Ambon sendiri.

Kepada jurnalis porostimur.com, di Ambon, Minggu (13/3/2022), Presidium Pendidikan dan Kaderisasi (PPK) PMKRI Cabang Ambon, Johanis J. Lefteuw yang juga selaku ketua delegasi dari Ambon mengatakan, sangat optimis untuk penggelaran agenda akbar ini.

Pasalnya Konferensi Studi Regional yang merupakan jenjang pendidikan dan kaderisasi PMKRI tingkat regional ini adalah suatu kebutuhan bersama PMKRI se-regional Maluku dan Maluku Utara. Kemudian momentum ini juga merupakan ruang yang sangat strategis dalam membahas beberapa isu-isu sentral di Maluku dan Maluku Utara

Lefteuw menilai “KSR PMKRI Maluku-Maluku Utara adalah sebuah wadah besar dalam upaya menyatukan persepsi dari masing-masing cabang di Maluku & Maluku Utara dan proses ini akan menjadi ruang dialektika yang kompetitif dengan berbasis intelektual dan tentunya akan banyak gagasan-gagasan besar yang ditawarkan oleh masing-masing cabang.

Baca Juga  Daripada Dibuang, Mending Bikin Celana Jeans Belel Kamu Jadi Kaya Gini yuk!

“Apalagi ketika kita melihat potensi-potensi yang ada di Maluku & Maluku Utara sangatlah komparatif, baik dari potensi Pertambangan, komoditas pasar, kehutanan, pariwisata hingga kelautan dan perikanan yang akan menjadi latar belakang pemikiran kami dalam melahirkan point-point yang bersifat rekomendatif,” kata Lefteuw.

“Setelah Konferensi Studi Regional PMKRI Se-Maluku & Maluku Utara kita akan terlibat juga dalam momentum Konferensi Studi Nasional (KSN) yang akan digelar pada tanggal 21-26 Maret 2022 mendatang di Manado. Pada momentum KSN ini juga kita akan mempergunakan metode dan langkah-labgkah yang simetris dalam menggarap isu-isu sentral di nusantara,” imbuhnya.

Lefteuw menambahkan, proses kaderisasi yang bersifat berkelanjutan ini akan dilatar belakangi dengan isu-isu sentral di Maluku & Maluku Utara agar tetap menjadi isu nasional hingga mendapat perhatian serius dari Pemerintah Pusat dalam hal permasalahan konkrit seperti; RUU Kepulauan, Lumbung Ikan Nasional, Ambon New Port, Mega Proyek Blok Masela hingga Perjuangan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Maluku yang sampai hari ini berada diantara harapan dan kenyataan”.

Baca Juga  Prakiraan Cuaca BMKG: Perairan Halmahera Dilanda Gelombang Tinggi

“Kami berharap ada dukungan kolektif dari semua pihak, baik stakeholder pemerintahan, pihak gereja hingga seluruh umat untuk turut mendoakan dan mensuksesi agenda-agenda besar ini. Tandas Peresidium Pendidikan dan Kaderisasi (PPK) PMKRI Cabang Ambon. (Akib)