Moti 1322 Bersuara Rangkul Spirit Kebersamaan

oleh -70 views

Porostimur.com, Ternate – Ratusan warga antusias mengikuti puncak kegiatan Moti 1322 Basuara yang digagas oleh Komunitas Orang Moti (Oti) Production yang dipusatkan di Sali Oti area pasar Moti Kota dan lapangan Tosehe Kecamatan Moti, Kota Ternate, Sabtu akhir pekan kemarin.

Kegiatan deng tema “Merajut Peradaban Moti” juga menghadirkan sejumlah tokoh Maluku Utara, yakni Sultan Tidore, Husain Sjah, ulama Habib Zaky, anggota DPRD Malut, Sofyan Daud, Sekretaris DPRD Provinsi Malut, Abubakar Abdullah, akademisi Herman Oesman serta politisi A. Malik Ibrahim.

Sutan Tidore Husain Sjah mengapresiasi, kegiatan Moti 1322 Basuara menjadi sebuah gagasan iven kebudayaan yang digagas Oti Production yang berkolaborasi dengan Makin Cakap Digital, KNPI, POSSI Malut yang bisa terlaksana berkat partisipasi besar dari warga masyarakat Moti.

Baca Juga  7 Cara Menghadapi Teman yang Baru Putus Cinta

Sultan Tidore juga mengisahkan sejarah Moti, menurutnya Moti pernah menorehkan sejarah ketika Moloku Kie Raha bertikai untuk memperkokoh kekuasaannya dan hal itu berlangsung lama, namun ada kesadaran dan Moti membuka diri untuk 4 kesultanan datang membicarakan nasib sepanjang dunia ini.

“Sampai saat ini saya membayangkan kalau Moti Verbon atau persekutuan itu tidak dibangun, kita ini tidak lagi jadi orang Moti yang berada dibawah naungan NKRI, kalau 4 Sultan ini dengan kerelaan hati mau duduk bercerita, andai kata 4 kesultanan ini tidak punya kesadaran untuk membicarakan nasib, maka mungkin saat ini kita sudah jadi warga Negara lain,” ungkapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.