MPV Crossover Kian Hits, Simak 5 Perbandingan Xpander Cross Vs. XL7

oleh -16 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Di Indonesia, mobil berjenis MPV sangat laku di pasaran. Alasannya, mobil tersebut dapat mengangkut banyak penumpang serta nyaman dikendarai bersama keluarga. Tapi, belakangan ini mobil tipe SUV juga tengah naik daun, terbukti dengan melonjaknya penjualan mobil jenis tersebut beberapa bulan terakhir. 

Namun, tidak semua orang yang ingin berpindah ke SUV dapat mewujudkanya. Karena harganya yang cukup mahal. Tapi, pabrikan mobil punya solusinya sendiri. Yakni, dengan meluncurkan MPV crossover, yang merupakan sebuah MPV dengan desain dan eksterior yang mendekati karakter SUV.

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis MPV Crossover, contohnya Mitsubishi Xpander Cross yang basisnya adalah Mitsubishi Xpander dan Suzuki XL7 yang basisnya dari Suzuki Ertiga. Nah, berikut perbandingan keduanya. 

1. Desain/Model

MPV Crossover Kian Hits, Simak 5 Perbandingan Xpander Cross Vs. XL7
potret suzuki xl7 (instagram.com/xl7mania)

Salah satu daya tarik MPV Crossover adalah desainnya yang menarik, termasuk juga dua mobil ini. Xpander Cross hadir desain yang kuat, ciri khas mobil keluaran mitsubishi tetap terlihat pada tampilan depan dynamic shield, dipadukan dengan lampu LED terbaru pada bagian head lamp dan fog lamp. Agar mirip SUV, Xpander Cross juga menggunakan velg berukuran 17 inci, dengan tambahan over fender pada bagian sampingnya.

Untuk lawannya, Suzuki mencoba menghilangkan karakter MPV pada desain XL7 melalui penggunaan gril yang besar dengan garnis yang sederhana. Di kombinasikan dengan Lampu LED lengkap dengan DRL, karakter SUV juga coba dikeluarkan lewat hood side slit dan roof rail. Untuk menambah kuat karakternya, XL7 juga memberikan pilihan warna two tone  kepada para pembeli.

Baca Juga  Hari ini 13 Kali Gempa Goyang Ambon dan Sekitarnya

2. Fitur

MPV Crossover Kian Hits, Simak 5 Perbandingan Xpander Cross Vs. XL7
potret xpander cross (instagram.com/mitsubishija)

Sebagai mobil yang baru-baru ini meluncur, Xpander Cross dan Suzuki XL7 tentu sudah dilengkapi dengan berbagai fitur mumpuni. Untuk Mitsubishi Xpander Cross telah dilengkapi beberapa fitur penunjang. Seperti, Stability Control System (ASC), Traction Control System (TCL), Hill Start Assist (HSA), anti-lock braking system (ABS), distribusi tekanan (EBD), airbag pengemudi dan penumpang. Selain itu, ada juga kamera belakang yang dapat memandu kita untuk parkir mobil. 

Tak mau kalah, Suzuki XL7 juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur. Seperti engine start stop, sasis Heartect, hill hold control, dual airbag, EBD, ABS, electronic stability programe, sensor mundur serta kunci yang sudah immobilizer. Ada juga fitur NVA yang merupakan  sistem kedap suara yang melapisi bodi mobil, sehingga membuat kekedapan kabin menjadi lebih baik.

Baca Juga  Puasa

3. Spesifikasi mesin

MPV Crossover Kian Hits, Simak 5 Perbandingan Xpander Cross Vs. XL7
potret suzuki xl7 (instagram.com/xl7mania)

Selanjutnya adalah perbandingan mesin kedua mobil. Untuk Mitsubishi Xpander Cross tahun 2021, hadir dengan mesin 1.499 cc MIVEC DOHC 16-valve 105 ps, dengan torsi maksimal 141 Nm pada putaran 4.000 rpm, dipadukan dengan transmisi otomatis 4-percepatan. 

Sementara itu Suzuki XL7 mengusung mesin berkapasitas 1.462 cc, 4 silinder, DOHC VVT. Tenaganya mencapai 103 hp dan torsi hingga 138 Nm. Dipadukan dengan Transmisi  manual dan otomatis, untuk transmisi manual memakai 5-percepatan. Sedangkan transmisi otomatis memakai 4-percepatan.

4. Dimensi mobil

MPV Crossover Kian Hits, Simak 5 Perbandingan Xpander Cross Vs. XL7
potret xpander cross (instagram.com/mitsubishimotorsph)

Untuk dimensinya, kedua mobil tidak berbeda jauh dari basis mobil utamanya. Biasanya hanya ada ubahan pada bagian ground clearance agar mirip SUV. Untuk Xpander Cross punya ground clearance 225 mm, dengan dimensi panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.750 mm yang dipadukan dengan special tuned suspension with rebound spring.

Sementara Suzuki XL7, punya dimensi yang sama dengan Suzuki Ertiga. Panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi hingga 1.710 mm, hanya saja groud clearance mobil ini dibuat lebih tinggi menjadi 220 mm. Hal itu untuk menunjang performanya. 

Baca Juga  Kemiskinan Ekstrem di Maluku Capai 147.370 Jiwa

5. Harga

MPV Crossover Kian Hits, Simak 5 Perbandingan Xpander Cross Vs. XL7
potret suzuki xl7 (instagram.com/xl7mania)

Untuk harga pasti ke dua mobil ini, tergantung tipe apa yang diambil nanti. Berikut ulasan harganya.

Harga Mitsubishi Xpander Cross: 

  • Premium Package A/T Rp 299.500.000
  • Xpander Cross A/T Rp 286.500.000
  • Xpander Cross M/T Rp 276.500.000

Harga Suzuki XL7:

  • XL7 Zeta M/T        Rp 232 juta
  • XL7 Zeta A/T         Rp 242,5 juta
  • XL7 Beta M/T        Rp 248,5 juta
  • XL7 Beta A/T         Rp 259 juta
  • XL7 Alpha M/T      Rp 258,5 juta
  • XL7 Alpha A/T       Rp 269 juta

Nah, itulah perbandingan antara Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, mengingat harganya yang terjangkau kita sudah mendapat mobil dengan desain gagah khas SUV. Tentu tidak ada salahnya untuk membelinya.

(red/idn-times)

No More Posts Available.

No more pages to load.