MTS dan MA Salahuddin Patani Bakal Berstatus Sekolah Negeri

oleh -42 views
Link Banner

Porostimur.com | Sofifi: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe melaksanakan silaturahim sekaligus dialog, bersama Kepala Kecamatan Patani, Pengurus Yayasan Haji Salahuddin, Kepala UPTD Kecamatan Patani, perwakilan Kepala Desa dan Kepala Madrasah Yayasan H. Salahuddin, serta tokoh masyarakat pada hari Selasa malam (11/08/20), bertempat di rumah dinas Camat Patani.

Pada silaturahim tersebut, Kakanwil didampingi Kepala Kemenag Kab. Halteng, H. Qubais Baba, Kasi KSKK Kanwil, Abdurahman M. Ali, Kasi Sistem Informasi Pendis, Irwanto Harun, dan Kasi Pendis Kemenag Halteng, H. Nurhalis Abubakar.

Silaturahim tersebut lebih banyak membicarakan tentang pencarian solusi permasalahan yang dihadapi Yayasan Haji Salahuddin dalam mengelola pelayanan pendidikan melalui madrasahnya, yakni Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah H. Salahuddin Patani, Halmahera Tengah.

Baca Juga  3 Atlit Para Games Maluku Berprestasi Internasional Tanpa Perhatian Pemerintah Daerah

Memulai pembicaraan Kepala Camat Patani, Basuki Rahmat Saleh sekaligus Ketua Yayasan Haji Salahuddin kepada Kakanwil menyampaikan, kendala dalam usaha memajukan pendidikan pada dua madrasah dibawah yayasannya adalah kurangnya tenaga pengajar PNS dan sarana pra sarana pendidikan.

Link Banner

Begitu juga dengan Kepala Madrasah baik MTs maupun MA Salahuddin, mengungkapkan keinginannya agar pihak Kanwil Kemenag Malut dapat mengupayakan penegrian kedua madrasah tersebut, dalam upaya peningkatan kualitas mutu pelayanan pendidikan.

Senada dengan hal tersebut, Kepala UPTD juga memberikan respon positif serta mendukung atas upaya penegerian madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan pada madrasah.

Menanggapi hal diatas Kakanwil, H. Sarbin Sehe menyanggupi keinginan pengurus yayasan serta tokoh masyarakat Kec. Patani dan menyampaikan bahwa gagasan penegerian madrasah pada Yayasan H. Salahuddin, sama dengan visi serta keinginan dari Kanwil Kemenag Malut.

Kakanwil menjelaskan bahwa dengan status “negeri” maka pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama lebih mudah dalam memberikan bantuan-bantuan fisik seperti pengadaan sarana prasarana.

Baca Juga  Timgus Covid - 19 Kemenag Maluku Bagi Masker untuk Warga Kota Ambon

Akan tetapi perlu kerja keras, komitmen, dan kerja bersama dalam mewujudkan keinginan tersebut, Kakanwil menjelaskan bahwa penegerian madrasah memiliki alur koordinasi antar instansi, dan dimulai dari kesediaan penyerahan aset yayasan kepada Kementerian Agama.

Sedangkan untuk alokasi guru PNS yang menjadi kebutuhan madrasah, Kakanwil berjanji akan mengusahakan melalui analisis penempatan guru, dan jika ada guru PNS asli daerah setempat dan bersedia untuk ditugaskan maka usul mutasinya akan dipercepat. Kakanwil menambahkan jika ada guru PNS mengajukan permohonan pindah Kec. Patani, akan segera diproses. “Saya jamin permohonannya akan saya setujui”, jelas Kakanwil.

Terakhir, Kakanwil memberikan apresiasi kepada seluruh yang hadir dimana menurut beliau silaturahim tersebut mempresentasikan kepedulian yang serius dari Pemerintah Daerah Halmahera Tengah maupun masyarakat, pada pendidikan generasi penerus.

Baca Juga  Seindah Edelweis

Hasil akhir dari silaturahim tersebut adalah adanya kesepakatan dalam mengusahakan status penegrian MTs maupun MA, H. Salahuddin Patani, Halmahera Tengah. Pihak Yayasan akan mengusahakan persyaratan-persyaratannya dan Kanwil Kemenag Malut akan memfasilitasi pengusulan penegerian tersebut ke pusat. (red/inmas)