Mudah Kok, Ini 5 Langkah Skin Detox Agar Kulit Tetap Sehat

oleh -8 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Setiap harinya tanpa sadar kita telah banyak terpapar zat-zat beracun yang berasal dari berbagai sumber. Contohnya seperti lewat makanan yang tidak sehat, polusi udara, maupun kuman-kuman dari berbagai benda yang kita sentuh. 

Zat-zat beracun yang dibiarkan menumpuk terus-menerus akan berdampak buruk pada tubuh, salah satunya terhadap kulit. Akibatnya, kulit akan menunjukkan tanda-tanda tidak sehat seperti kusam, berjerawat, pori tersumbat, hingga timbul tanda-tanda penuaan seperti flek dan kulit kendur.

Agar kulit terhindar dari efek zat beracun tersebut, kamu bisa melakukan skin detox. Nah, apa itu skin detox dan bagaimana melakukannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Dilansir dari Vogueskin detox bukan berarti mengeluarkan racun melalui kulit. Skin detox adalah detoksifikasi zat-zat beracun yang dapat berdampak buruk bagi kulit dan dilakukan baik dari luar maupun dari dalam tubuh.

Link Banner

Contohnya yaitu menyeimbangkan antara skincare yang kita aplikasikan pada kulit dengan menjaga asupan makanan yang sehat dan bernutrisi untuk kulit. Selain itu perlu juga menjaga pola hidup seperti mengurangi stress dan memastikan tidur cukup.

Baca Juga  Ariana Grande Raih Gelar ke-20 di Guinness World Records

Setelah mengetahui apa itu skin detox kamu mungkin tertarik untuk melakukannya. Nah, untuk melakukan skin detox, berikut 5 cara yang bisa kamu coba untuk terapkan:

1. Lakukan Rutinitas Double Cleansing

Ilustrasi Wanita Membersihkan Wajah
Membersihkan Wajah/freepik.com

Anjuran untuk melakukan double cleansing memang terdengar klise ya, Ladies. Tapi, ada alasan mengapa double cleansing sangat sering dianjurkan. Hal ini karena double cleansing merupakan cara yang sangat efektif untuk membersihkan sisa makeup, kotoran, kuman dan polusi dari kulit kita. Kebersihan merupakan langkah awal mendapatkan kulit yang sehat dan terjaga.

2. Perhatikan Skincare Routine

Ilustrasi Menggunakan Skincare
Menggunakan Skincare/freepik.com

Dalam melakukan skin detox, kulit perlu diberi nutrisi dari berbagai skincare berbahan aktif. Namun, tetap harus diperhatikan agar jangan sampai menggunakan terlalu banyak bahan aktif pada kulit dan berhati-hatilah saat mencampur bahan-bahan aktif yang digunakan. Hal ini untuk menghindari kulit menjadi sensitif dan iritasi.

Baca Juga  Lagi, kebakaran landa rumah warga di Tulehu
Baca Juga :Saat Terpuruk, 4 Hal Ini Bisa Bantu Kamu Untuk Bersinar Kembali

3. Perbaiki Asupan Makanan dan Minuman

Ilustrasi Asupan Sehat
Makanan dan Minuman Sehat/freepik.com

Asupan yang tidak sehat seperti junk food hingga makanan dan minuman yang mengandung banyak gula menjadi sumber zat beracun bagi tubuh. Karena itu, untuk melakukan skin detox,sebaiknya hindari dulu asupan yang tidak memberikan nutrisi bagi tubuh. Sebagai gantinya, kamu bisa memperbanyak asupan sayur dan buah.

4. Jaga Tubuh dan Kulit Tetap Terhidrasi

Minum Air Putih untuk Cegah Dehidrasi
Mencegah Dehidrasi/freepik.com

Kulit sebagai organ terbesar dalam tubuh kita, sangat membutuhkan asupan air yang cukup. Penting untuk menjaga agar jangan sampai dehidrasi. Karena kondisi dehidrasi akan menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, kasar, dan lebih mudah muncul garis-garis halus.

Baca Juga  Kuba Terlalu Miskin untuk Beli Vaksin, tapi Mampu Bikin Lima Vaksin Covid-19

5. Prioritaskan Tidur yang Cukup

Wanita Tidur yang Cukup
Tidur yang Cukup/freepik.com

Tidur yang cukup dapat membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri, melancarkan proses regenerasi kulit, menciptakan sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel yang rusak, dan memperlancar sirkulasi darah. Karena itulah tidur yang cukup penting jika ingin mendapatkan hasil maksimal dari skin detox.

(red/beautynesia)