Mudik gratis dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Maluku

oleh -54 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Mengantisipasi lonjakan penumpang saat perayaan Hari Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Provinsi memberikan layanan mudik gratiskepada masyarakat.

Mudik gratis ini lebih ditujukan pada daerah dengan layanan transportasi laut dengan frekwensi yang lebih ditingkatkan lagi.

Saat dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Rabu (20/12), hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Maluku, Drs. Frans J. Papilaya.

”Ini sebenarnya adalah ide dari Pemerintah Provinsi Maluku dalam hal ini Gubernur Maluku. Hal ini Gubernur lakukan, mengingat keterbatasan angkutan yang ada di Provinsi Maluku,” ujarnya.

Memenuhi layanan transportasi laut menjelang perayaan Natal, jelasnya, ada beberapa unit kapal yang disiagakan melayani penumpang.

Dijelaskannya, pada Selasa (19/12), KM Sabuk Nusantara 48 berkapasitas 460 penumpang mulai dioperasikan dengan rute Ambon-Babar-Wulur-Romang-Kisar-Leti-Moa-Lakor-Luang-Lelang-Tepa-Lewa/Dai-Dawera/Dawelor-Kroing-Marsela-Saumlaki –Tual (pp).

Baca Juga  Lagi honorer PNS diamankan Satresnarkoba Polres Ambon

Kemudian, jelasnya, masih ada KM Manohara 02 dengan kapasitas 100 orang penumpang  dengan tujuan pelayaran Ambon-Tual-Dobo-Sofyanin-Larat-Molu-Nurkat-Seira dan Saumlaki (pp).

”Kapal motor penyebrangan Lelemuku dengan jumlah penumpang sebanyak 200 orang, dimana kapal ini adalah milik Pemprov Maluku,” jelasnya.

Selain itu, tegasnya, jadwal mudik yang mulai digelar pihaknya yakni pada Kamis (21/12) KMP Tanjung Kabat dengan tujuan Ambon-Ambalau-Namrole-Leksula dan Tifu (PP) dan KMP Samandar dengan rute Waai-Saparua-Nusalaut (pp).

Pada Sabtu (23/12), tambahnya, KMP Dolosi beroperasi dengan rute Hunimua-Masohi.

Dan masih ada juga KMP Inelika, KMP Tanjung Kuako, KMP Rokatenda dan KMP Terubuk yang akan dioperasikan untuk rute Hunimua-Waipirit dengan 13 trip sejak pukul 05.30 hingga 21.30 WIT.

Baca Juga  Bukan Juni, Penelitian Terbaru Sebut Corona Baru Hilang Dari Indonesia Pada Bulan Ini

”Jumlah penumpang yang dilayani pada kegiatan mudik gratis ini sebanyak  5000 orang,” pungkasnya. (Febby Sahupalla)