Mudik gratis, Dishub Maluku siagakan 4 unit kapal

oleh -68 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Melayani pemudik menjelang lebaran Idul Fitri mendatang, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Maluku menyiagakan 2 armada kapal perintis dan 2 kapal milik negara.

Pemudik yang akan menumpangi keempat armada laut ini, tidak akan dikenakan baya alias gratis.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Maluku, Frans Johanis Papilaya, saat behrasil dikonfirmasi wartawan via sambungan telepon selular, Minggu (27/5).

Menurutnya, guna mengurangi jumlah pemudik menjelang hari-H Lebaran nanti, pihaknya merencanakan untuk memberangkatkan pemudik lebih awal.

Link Banner

Dimana, Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 23 dan KM Maloli dijadwalkan akan berangkat dari Ambon menuju Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual sejak tanggal 4 Juni nanti.

Sesuai perkiraan pihaknya, akunya, pengguna moda transportasi laut akan mengalami lonjakan hingga 5% jika dibandingkan tahun 2017 yang hanya mencapai 20.000 penumpang.

Baca Juga  Hasil Leicester City vs Arsenal, Menang Cleansheet, The Gunners Berhasil Patahkan Rekor Buruk

”Kami juga bekerja sama dengan Divre Bulog Wilayah Maluku dan Maluku Utara yang menyediakan 500 tiket gratis KM. Ngapuluh dari Pelabuhan Ambon menuju Banda,” ujarnya.

Khusus untuk angkutan mudik gratis ini, terangnya, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon.

Dimana, PT ASDP Cabang Ambon akan menyediakan angkutan feri gratis sejak tanggal 12 Juni hingga H-1 Lebaran.

Mudik gratis ini, jelasnya, juga ditunjang pihaknya dengan menyiapkan 10 armada Bus Trans Amboina, yang direncanakan bertolak dari lokasi Gong Perdamaian Maluku menuju dermaga penyebrangan Hanimua, Desa Liang, sejak H-10 Lebaran.

”Untuk mendapatkan layanan gratis ini, pemudik hanya perlu datang membawa data diri ke Kantor Dishub Maluku. Kita langsung kasih tiket,” pungkasnya. (febby sahupala)