Muksin Amrin: Jika Terbukti TSM, Paslon FAM-SAH Bisa Didiskualifikasi

oleh -256 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Kepulauan Sula Nomor urut 3 Fifian Adeningsi Mus – Saleh Marasabessy (FAM-SAH) bisa dibatalkan dan paslon tersebut dapat didiskualifikasi jika terbukti melakukan pelanggaran secara terstruktur, sistematis, dan massif (TSM).

Hal ini dikatakan Ketua Bawaslu Provinsi Malut Muksin Amrin, SH, MH kepada wartawan di Ternate, Senin (14/12/2020).

Menurut Muksin, setiap pasangan calon yang melakukan pelanggaran dapat didiskualifikasi bila pelanggaran yang dilakukan memenuhi unsur TSM.

Bawaslu provinsi menurutnya kini tengah menunggu berkas laporan tim hukum Paslon ZADI-IMAM dan HT-Umar di Sula dilimpahkan agar Bawaslu dapat secara langsung meninjau dan menindak lanjuti laporan tersebut sesuai dengan aturan.

Muksin bilang, mekanisme pelimpahan berkas laporan diatur dalam Peraturan Bawaslu Pasal 3 dan 14, Nomor 9 Tahun 2020 tentang tata cara penanganan pelanggaran administrasi Pilgub, Pilbup, Pilwako, yang terjadi secara terstruktur, sistematis, dan massif (TSM).

Baca Juga  Golkar Maluku Optimis Bakal Menang Pilkada di Empat Kabupaten

”Betul, aturannya memang bisa kalau memanuhi unsur TSM. Untuk pelaporannya sendiri, bisa dilakukan register di Bawaslu kabupaten dan kemudian tindak lanjuti Bawaslu provinsi, ” ujarnya.

Menurut Muksin apabila laporan sudah di limpahkan, maka dalam lima hari setelah menerima pelimpahan laporan, pihaknya akan melakukan penelitian, pengkajian, dan pemeriksaan terhadap saksi baik pelapor maupun terlapor. Selanjutnya diterbitkan keputusan atau rekomendasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk ditindaklanjuti.

Seperti diberitakan media ini sebelumnya, Tim kuasa hukum dari Paslon nomor urut 1 dan 2 di pemilihan bupati dan wakil bupati Kepsul telah memasukan pelaporan ke Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sula, Ahad (14/12/2020) kemarin yang diserahkan langsung oleh Tim Hukum kedua Paslon tersebut. (red/alfian)

Baca Juga  Kelvin Fordatkossu dan MCP Sysilia Persembahkan Lagu Bagi Korban Gempa Ambon