Mulai 1 April, Warga Ambon Diminta Berjemur 15 Menit Sehari

oleh -301 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Warga Kota Ambon dihimbau untuk berjemur selama 15 menit setiap pagi, pukul 10.00 WIT hingga 10.15 WIT, mulai besok, Rabu, 1 April 2020,

Hal tersebut disampaikan secara resmi melalui Surat Himbauan yang ditandatangani Walikota Ambon, dengan Nomor: 443/2254/SETKOT, tertanggal 28 Maret 2020.

Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler yang juga Ketua Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan COVID-19, menuturkan, cahaya matahari mengandung sinar ultraviolet dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

“Sinar matahari di pagi hari kaya akan vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi metabolisme tubuh serta mampu meningkatkan imunitas tubuh dalam menangkal berbagai penyakit dari luar,” katanya, Selasa (31/3/2020).

Hadler bilang, himbauan ini tidak terlepas dari langkah untuk mencegah dan menghambat penyebaran COVID 19 di wilayah Kota Ambon.

Baca Juga  Bantu Cegah Penyebaran Covid 19, Pos Waai SSK I Amankan Akses Masuk dan Keluar Pelabuhan Ferry Hanimua

“Selain social distancing, dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat, masyarakat juga harus diedukasi untuk menjaga daya tahan tubuhnya dengan memanfaatkan sinar matahari pagi, guna mencegah dan menghambat penyebaran COVID-19,” jelas Syarif.

Dalam surat himbauan tersebut, masyarakat juga diminta untuk membuka pintu serta jendela pada pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIT.

“Hal ini dimaksudkan, agar pancaran sinar matahari yang merupakan anti virus alami yang diharapkan dapat membantu membunuh bakteri-bakteri yang ada di rumah,” tukasnya.

Himbauan lain yang juga disampaikan Pemerintah adalah untuk tetap menjauhi kerumunan dengan berdiam diri dirumah, serta senantiasa berdoa memohon pengampunan serta perlindungan dari Tuhan dalam menghadapi dan melewati ancaman COVID 19. (angel//agi)