Mulai 15 Februari, Citilink Layani Rute Ternate – Jakarta

oleh -63 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Maskapai Citilink mulai membuka penerbangan rute Bandar Udara Halim Perdanakusuma Jakarta ke Bandar Udara Sultan Baabullah Ternate, Maluku Utara. Rencananya, penerbangan perdana akan dilakukan pada 15 Februari nanti

Langkah ini mendapat respon positif Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah Kota Ternate.

“Ini memang satu kegembiraan bagi warga Ternate, karena situasi pandemi seperti saat ini, di mana semua usaha transportasi telah menurun sekitar 50 persen,” kata Kepala Dinas Perhubungan Maluku Utara Armin Zakaria ketika dikonfirmasi, Rabu (3/2).

Armin bilang, kehadiran Citilink ini tentunya bertujuan mempercepat akses masuk ke Ternate, dimana ini juga dilihat dari peluang investasi pabrik baterai pembangkit listrik di Halmahera Timur, serta akan diselenggarakannya STQ Nasional di Sofifi bulan Oktober mendatang dan Sail Tidore.

“Masuknya Citilink ini karena dilihat dari ekonomi Maluku Utara terutama dengan adanya beberapa agenda di Maluku Utara. Mereka melihat faktor ini sehingga mereka berani masuk dengan armadanya di Ternate,” sambung Armin.

Baca Juga  Ramalan Cuaca Ambon hari ini, Jumat 14 Agustus 2020

Sejauh ini, untuk Maluku Utara sudah ada lima maskapa besar yang beroperasi, yakni Garuda Airlines, Sriwijaya Air, Lion Air, Batik Air dan Citilink.

“Olehnya itu kalau transportasi udara sudah cukup lumayan karena hampir semua penerbangan nasional sudah masuk di Maluku Utara,” ujar Armin.

Ia memastikan, schedule kedatangan dan keberangkatan Citilink tidak bersamaan atau berhimpitan dengan maskapai lain, karena waktu penerbangan dari Jakarta pukul 02.30 WIB dan tiba di Ternate 07:00 WIT.

“Saya kira kehadiran Citilink ini merupakan kajian yang cukup lama dan mendalam bahwa ada tren positif pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara yang hampir 6,6 persen,” pungkasnya.

(red/tsc)