Mulai Bulan ini, Warga Kota Ambon Bisa Cetak Dokumen Kependudukan Secara Mandiri

oleh -87 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Mulai bulan ini, Januari 2021, warga Kota Ambon sudah dapat mencetak dokumen kependudukan secara mandiri. Half ini menyusul kehadiran satu unit mesin Anjungan Dukcapil mandiri (ADM) siap dioperasikan di Kota Ambon.

“Dalam bulan Januari 2021 ini, kita mulai mengoperasikan mesin ADM yang akan ditempatkan di unit layanan administrasi (ULA) balai Kota Ambon,” kata Plt Kadiscapil Kota Ambon, Marsella Haurissa, Rabu (6/1/2021). 

Dia menambahkan, adanya mesin ini untuk mempermudah layanan kependudukan masyarakat di masa pandemi Covid-19. Masyarakat diharapkan merasa lebih aman saat mengurus dokumen kependudukan.

ADM mampu mencetak surat resmi di empat bidang administrasi kependudukan. Di antaranya yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran dan akta kematian.

Warga pemohon wajib mendaftarkan dokumen di Disdukcapil atau secara online via aplikasi whatsapp, dengan mengirimkan foto dokumen. Warga kota cukup mengirimkan foto dokumen ke nomor yang tertera untuk mengurus misalnya kartu keluarga, e-ktp, akte kelahiran, akte pernikahan atau perceraian, akte kematian serta SKPWNI.

Baca Juga  13 Penumpang KM Tiga Saudara Selamat

“Selanjutnya warga menerima kode untuk mengakses ADM. Nanti akan ada petugas yang ditempatkan di ULA untuk melayani warga yang akan mencetak dokumen melalui mesin ADM,” kata Marsella.

Proses pencetakan dokumen di mesin ADM tidak dipungut biaya. Waktu pencetakan dokumen pun tidak sampai dua menit.

Mesin ADM diharapkan dapat juga mengurangi penumpukan masyarakat dalam melakukan pengurusan di Disdukcapil.

“Mesin ini juga akan mempermudah pengurusan layanan kependudukan, tinggal cetak saja di mesin itu, juga untuk mempermudah, yang penting seluruh data base tidak bermasalah,” ujarnya. (alena)