Mulai Januari 2024, Periode Kenaikan Pangkat PNS Jadi 6 Kali Setahun

oleh -201 views

Porostimur.com, Jakarta – Pemerintah akan memperbanyak jumlah periode kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil (PNS), menjadi diselenggarakan enam kali dalam setahun. Aturan ini mulai berlaku per 1 Januari 2024.

Hal ini tersebut tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 4 Tahun 2023 tentang Periodisasi Kenaikan Pangkat PNS. Beleid tersebut diteken oleh Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara Haryomo Dwi Putrantoper 14 Juli 2023.

Perihal kenaikan panglat ini diatur dalam pasal 2 di peraturan tersebut. Adapun sebelumnya, periode kenaikan pangkat bagi PNS dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun. Lewat diterbitkannya aturan ini, periode kenaikan pangkat akan ditambah menjadi 4 kali dalam setahun.’

Dengan demikian, akan ada perubahan ketentuan. Dalam hal ini, waktu kenaikan pangkat diubah menjadi setiaptanggal 1 Februari, 1 April, 1 Juni, 1 Agustus, 1 Oktober, dan 1 Desember setiap tahun.

Baca Juga  Hamas Ledakkan Tank Israel, Tentara Zionis Lari Bersembunyi

“Namun pemberlakuan periodisasi kenaikan pangkat sebanyak enam kali ini tidak berlaku bagi jenis Kenaikan Pangkat anumerta dan Kenaikan Pangkat pengabdian,” tulis Badan Kepegawaian Negara (BKN) lewat siaran pers, dikutip Sabtu (29/7/2023).

BKN menjelaskan, kenaikan pangkat merupakan bentuk penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian PNS terhadap Negara. Adapun periodisasi Kenaikan Pangkat sebanyak enam kali ini merujuk pada periode usulan, bukan kuantitas Kenaikan Pangkat.