Naas! Truk Air Masuk Jurang, Kansar Ambon Turun Tangan

oleh -68 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sebuah truk pengangkut air bersama seorang sopir di Kota Ambon terjatuh ke dasar jurang sedalam kurang lebih 100 meter.

Kepala Kantor Search and Rescue (SAR) Ambon Mustari, menjelaskan, kejadiaan naas ini terjadi sekitar pukul 16:30 WIT Sabtu (6/2/2021) sore di kawasan Pinang Putih, Desa Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Menurut Mustari, truk air bernomor polisi DE 8370 MU yang kini terbujur di dasar jurang dalam keadaan ringsek setelah terjatuh dari ketinggian kurang lebih 100 meter dari puncak lembah.

“Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ambon menerima informasi dari bapak Sarif Toisuta, melaporkan, Pukul 1630 WIT sebuah kecelakaan yang mengakibatkan 1 unit mobil truk tangki air terperosok kedalam jurang sedalam 100 M di Dusun Pinang Putih, Desa Hative Kecil (Kota Ambon),” ujarnya.

Mustari bilang, seterimanya informasi ini, Pukul 1730 WIT, 1 Tim Rescue Kantor SAR Ambon langsung dikerahkan menuju LKK guna melaksanakan OPS SAR pada Koordinat duga 03°40′ 34.21” S – 128° 12′ 3.73” E, Jarak ± 12 KM, Heading 83° Arah Timur Laut dari Kansar Ambon.

Baca Juga  Wagub Al Yasin Lantik Anggota PPPWK Provinsi Maluku Utara

“Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi korban dengan selamat pada pukul 18.10 WIT dan langsung dibawa ke RS Bhayangkara Kota Ambon,” katanya.

Menurut Mustari, unsur SAR yang terlibat terdiri dari Tim Rescue Kansar Ambon 4 orang dan masyarakat setempat 10 orang.

Sementara alat utama yang digunakan yakni: Rescue Car Kansar Ambon 1 Unit, Peralatan Mountenering 1 Set dan Peralatan Emergency Kit 1 Set.

“Dengan ditemukannya korban dan berhasil dievakuasi dengan selamat, OPS SAR dinyatakan selesai dan ditutup. Unsur SAR yang terlibat di kembalikan ke satuannya masing-masing,” pungkasnya.

Sementara itu, Jai, salah seorang warga Pinang Putih mengatakan kejadian ini berawal saat truk air yang disopiri Umar bersama sopir bantunya bernama Bilal hendak membawa air pesanan warga Pinang Putih.

Baca Juga  Lockdown Tak Cukup, WHO Minta Tiru 3 Negara Ini untuk Hentikan Corona

Namun ketika menuruni tanjakan menuju lokasi terdekat dari rumah warga yang memesan air, truk yang saat itu disopiri Bilal tidak terkendali sehingga bagian belakang truk menabrak pagar seng tepat di bibir jurang kemudian terjatuh ke dalam jurang. Sopir utama, Umar saat itu berdiri di depan truk memandu Bilal untuk memundurkan truk.

“Truk ini mau bawa air, saat mundur dengan belakang turun tanjakan, sopir bantu (Bilak) yang bawa truk mungkin belum terbiasa dengan medan disini, mungkin dia orang baru. Mungkin ilang kendali saat mundur dan truk langsung tabrak pagar seng lalu jatuh ke jurang,” jelasnya di lokasi kejadian Sabtu petang.

Bilal yang ikut terjatuh bersama truk selamat meskipun mengalami luka-luka kata Jai menambahkan.

Baca Juga  Jelang Buka Puasa, Polres Buru Bagi-bagi Takjil

“Dia jatuh juga sama truk, tapi dia terpental dari dalam truk sekitar 20 meter dari bibir jurang saat truk terjatuh. Dia luka-luka di bagian wajah,”sambungnya.

Bilal pun dievakuasi warga sekitar melalui dasar jurang dan selanjutnya dilarikan ke RS. Bhayangkara Polda Maluku di Tantui.

Menurut saksi mata setempat, mobil truck tersebut hendak berjalan mundur namun dikarenakan Human Eror, mobil truck tersebut terperosok dan masuk kedalam jurang. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, Beruntung pengemudi truck tersebut bisa selamat. Korban hanya mengalami luka-luka. (keket)