Nakes di Maluku dan Papua Paling Banyak Belum Divaksinasi, Jadi Sorotan WHO

oleh -41 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti persentase tenaga kesehatan yang tidak divaksinasi atau zero dose. WHO menilai vaksinasi merupakan cara untuk menurunkan angka kematian.

Persentase nakes yang belum divaksinasi ini tertuang dalam Situation Report-64 yang dirilis pada Kamis (26/8/2021). 

Situation report ini rutin dirilis setiap pekan oleh WHO. Ini merupakan laporan per 25 Agustus 2021.

Ada dua provinsi yang menempati posisi tertinggi jumlah nakes yang zero dose. Dua provinsi tersebut adalah Maluku dan Papua.

“Per 23 Agustus, provinsi dengan persentase tertinggi tenaga kesehatan yang tidak divaksinasi (zero dose) adalah Maluku (13%) dan Papua (18,6%),” tulis WHO dalam laporannya.

Selain itu, WHO mengungkap laporan provinsi soal persentase lansia yang belum divaksinasi. Bahkan yang belum divaksinasi sampai 90%.

Baca Juga  Satgas Yonarmed 9 Kostrad Memberikan Pelayanan Kesehatan Keliling di Desa Dum-Dum

“Sepuluh provinsi melaporkan proporsi populasi lansia yang tidak divaksinasi lebih besar dari atau sama dengan 90%: Aceh, Sumatera Barat, Maluku Utara, Papua, Lampung, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Selatan,” ungkap WHO.

WHO menilai upaya berkelanjutan untuk meningkatkan akses dan kesadaran terhadap manfaat vaksin di antara populasi lansia dan berisiko tinggi tetaplah penting. Upaya ini bisa ikut menurunkan angka kematian.

“Upaya berkelanjutan untuk lebih meningkatkan aksesibilitas dan kesadaran akan manfaat COVID-19 vaksinasi di antara populasi yang lebih tua dan berisiko tinggi tetap penting untuk menurunkan angka kematian,” lanjut WHO.

(red/dtc)

No More Posts Available.

No more pages to load.