Natal, 9 Napi Lapas Ternate Dapat Remisi Khusus

oleh -66 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Sembilan orang penghuni Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Jambula Ternate mendapat remisi dalam rangka perayaan Natal 2019.

Pemberian remisi bagi kesembilan warga binaan di Lapas Kelas IIA Ternate itu, diberikan langsung oleh Kepala Lapas, Miji Widodo, usai perayaan ibadah Natal bersama di dalam Lapas kelas IIA, Jambula, Ternate, Rabu (25/12/2019)

Kalapas Ternate, Muji Widodo kepada media pers, mengatakan, pemberian hak remisi khusus untuk warga binaan di Lapas kelas IIA Ternate berdasarkan amanat Menteri Hukum dan HAM RI, Nomor: PAS-1446.PK.01.01.02, Tahun 2019, tentang pemberian Remisi Khusus (RK) Natal di Tahun 2019 bagi warga binaan yang beragama Nasrani.

Menurut Muji, pemberian remisi khusus kepada warga binaan yang beragama Nasrani ini dimaksudkan agar bisa memberikan harapan untuk warga binaan dalam berupaya memperbaiki diri, karena semakin cepat mereka mengubah perilakunya menjadi baik, maka lebih cepat pula mereka dapat berintegrasi kembali dengan masyarakat.

Dari jumlah 241 warga binaan yang ada di Lapas Ternate kata Muji, 15 orang diantaranya beragama Nasrani dan dari 15 orang tersebut hanya 9 orang yang menerima remisi khusus karena telah memenuhi syarat dan ketentuan.

Baca Juga  Sambut HUT RI Ke75, Lanal Ternate Gelar Pengibaran Bendera Merah Putih Bawah Laut

“Hanya 9 orang yang menerima remisi, sedaangkan 6 orang lainnya belum dapat diajukan untuk mendapat remisi khusus,” ungkap Muji.

Ia menjelaskan, pemberian remisi khusus untuk 9 orang warga binaan di Lapas Ternate tersebut bervariasi, ada yang men dapat remisi 2 bulan, ada yang 1 bulan 15 hari dan ada yang 1 bulan.

“Sisanya 6 orang yang tidak mendapat remisi ini karena ada 4 orang telah menjalani pidana kurungan pengganti denda, 1 orang kasus korupsi belum menjalani 1,3 pidana terkait PP 28 tahun 2006, serta untuk 1 orang terkena register F karena melanggar aturan tata tertib Lapas berupa terbukti menyimpan, atau memiliki HP di dalam Lapas,” tegasnya.

Dengan pemberian remisi khusus untuk para warga binaan di Lapas Ternate ini pihaknya berharap agar para narapidana dapat merasakan momentum Natal dengan bersyukur kepada Tuhan.

Baca Juga  Balai KSDA Maluku Menerima Penyerahan 3 Ekor Burung Nuri Maluku

“Kita tidak bisa memungkiri bahwa remisi adalah wujud dari kasih Allah, remisi merupakan nikmat yang layak saudara-saudara warga binaan pemasyarakatan terima karena saudara-saudara telah berupaya memperbaiki diri dan melayani tuhan dengan baik,” pungkansya.

Dalam pemberitaan RRI.co.Id edisi, 17 Desember 2019 sebelumnya, untuk remisi Khsuus natal 2019, sebanyak 101 warga binaan di seluruh Lapas dan Rutan SE-Maluku Utara (Malut) diajukan mendapat remisi dan dari 101 orang teraebut dua diantaranya kasus pidana khusus (Pidsus) baik korupsi maupun narkoba. (red/adhy)