Natal Berlangsung Aman, Pembimas Katolik: Terima Kasih Umat Islam dan Umat Beragama di Maluku

oleh -45 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Semarak perayaan Natal 25 Desember 2019 kemarin di Maluku berlangsung aman dan damai. Umat Kristiani  dengan penuh sukacita dan khidmat dapat merayakan hari besarnya tanpa gangguan apapun.

Kondisi keamanan dan kenyamanan saat merayakan Natal diapresiasi oleh Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Bernardus Fanulene. Baginya, hal ini merupakan bukti bahwa kualitas kerukunan umat beragama di maluku semakin membaik dan meningkat.

“Hal ini tentu tidak lepas dari kerja keras umat, tokoh agama maupun ormas keagamaan yang terlibat aktif merawat kerukunan di Maluku. Atas nama Bimas Katolik Kanwil Kemenag Maluku dan umat Katolik menyampaikan terima kasih kepada umat Islam sebagai salah satu populasi penduduk terbesar di Maluku dan umat beragama lain tentunya,” kata Fanulene pada kegiatan rutin pembinaan ASN di Aula Kanwil Kemenag Makuku, Senin (30/12).

Baca Juga  Rupanya ini Pemilik Mobil Dinas Fortuner TNI yang Disalah Gunakan Warga Sipil

Hadir memimpin pembinaan ASN sepekan di lingkungan Kanwil Kemenag Maluku, Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU), Jamaludin Bugis didampingi Kasubbag Perencanaan Data dan Informasi, Jen Tepinalan.

Secara khusus dihadapan ASN beserta sejumlah pejabat eselon III/IV Kanwil Kemenag Maluku yang hadir mengikuti pembinaan, Pembimas Katolik menyampaikan rasa terima kasih kepada sejumlah ormas Islam dan pemuda Hindu di wilayah Kota Ambon. Suasana damai selama perayaan Natal tidak terlepas dari sikap toleransi mereka terhadap umat Kristiani saat perayaan Natal.

“Bahkan ada sebagian di antara mereka yang ikut menjaga gereja, saat umat Kristiani merayakan Natal,” akuinya.

Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Maluku, Bernardus Fanulene

Sisi lain, apresiasi dan terima kasih juga disampaikan Pembimas Katolik Bernardus Fanulene kepada umat Kristiani. Mereka telah melaksanakan ibadah Natal secara tidak berlebihan. Sehingga, perayaan Natal berlangsung  aman dan damai.

Kepada seluruh umat beragama, majelis agama, dan tokoh agama, dirinya berharap agar terus bersinergi dalam menjaga serta merawat kerukunan umat beragama. Sebab, kedamaian dan kerukunan menjadi pra syarat mutlak terlaksananya pembangunan.

Baca Juga  Kapolda Maluku Hadiri Syukuran Peresmian Kantor Bhayangkari

“Pemerintah akan mudah membangun, jika kondisi masyarakatnya rukun dan damai. Para tokoh agama berperan penting dalam menjaga kerukunan umat,” tandasnya. (red/shinta/inmas)