Natal Bimas Katolik, Kakanwil Kemenag Maluku Dorong Pemuka Agama Berfungsi Sebagai Motor Penggerak Tiga Aspek Ini

oleh -74 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Bertepatan dengan puncak Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke 74 pada 3 Januari 2020 hari ini, keluarga besar Bimas Katolik Kanwil Kemenag Maluku merayakan hari raya Natal di Gedung Katolik Center, Ambon, Jumat (3/1).

Perayaan Natal yang dihadiri Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, Fesal Musaad bersama sejumlah pejabat eselon III/IV lingkup Kanwil Kemenag Maluku, Kasubbag TU Kemenag Kota Ambon, Saradju Kelrey, dan pastor dari Kuskupan Amboina, R.D Andy Sainyakit ini berlangsung dibawah sorotan tema “Melalui Perayaan Natal Katolik Kita Tingkatkan Kerukunan Umat Menuju Indonesia Maju”

Tema Natal tersebut sejalan dengan tema HAB Kemenag ke 74, yaitu “Umat Rukun Indonesia Maju”.

Menyoroti tema dua hari besar umat Katolik dan Kementerian Agama ini, Kakanwil Kemenag Maluku, Fesal Musaad meminta segenap aparaturnya bersama tokoh-tokoh maupun pemuka agama termasuk pastor, biarawati, pendeta, imam atau ustadz dapat berfungsi sebagai motor penggerak untuk meneguhkan kehidupan keagamaan, kebangsaan dan kemanusiaan.

“Para tokoh-tokoh atau pemuka agama adalah mereka yang hatinya tidak saja bergetar dan terusik saat ayat-ayat Tuhan dibacakan, tetapi yang disebut tokoh atau pemuka agama adalah mereka yang hatinya juga gelisah ketika kehidupan keagamaan, kebangsaan dan kemanusiaan itu terusik,” kata Kakanwil dihadapan para pastor, biarawati dan umat Katolik.

Baca Juga  13 Penumpang KM Tiga Saudara Selamat

Kakanwil menegaskan, sangat penting bagi para tokoh-tokoh agama untuk membumikan tiga aspek kehidupan keagamaan, kebangsaan dan kemanusiaan.

“Mari kita berada di garda terdepan sebagai pelopor tiga aspek tersebut,” ajaknya.

Sementara terkait tema Natal nasional yang dipilih Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) maupun Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Kakanwil menilai tema tersebut sangat sesuai dengan situasi dan kondisi bangsa saat ini yaitu, “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang”.

Tema ini mengandung hikmat kebijaksanaan bagi umat Katolik untuk terus berkontribusi menghadirkan kedamaian dan kesejahteraan.

“Dengan kebijakan Tuhan itulah, persatuan dan kesatuan bangsa akan terpelihara dengan baik,” jelas Kakanwil.

Kakanwil Kemenag Maluku, Fesal Musaad bersama para pejabat eselon III/IV menghadiri acara Natal Bimas Katolik Kanwil Kemenag Maluku.

Melalui perayaan Natal, umat Katolik juga diajak bersedia mengabdi penuh hikmat, selain itu meneguhkan pentingnya bijak menyikapi perbedaan agar darinya terwujud damai penuh rahmat.

Baca Juga  TNI Gelar Upacara HUT ke 74 di Lanud Leo Wattimena Morotai

“Saya mengajak seluruh masyarakat Maluku terkhusus umat Katolik untuk berpartisipasi aktif menciptakan suasana damai,” pinta Kakanwil.

Bagi umat Katolik serta seluruh umat beragama di Maluku penting untuk menyadari secara bersama, bahwa kesejahteraan tidak akan terwujud tanpa kedamaian atau kedamaian tidak datang jika hidup manusia diselimuti kekacauan, perselisihan dan pertengkaran.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat Natal dan Tahun Baru sekaligus Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 74, semoga kita terus berkemampuan menebarkan kedamaian dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun dalam bingkai hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang,” tandasnya.

Melalui kesempatan Natal Bimas Katolik ini juga, Kakanwil didampingi Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Maluku, Bernardus Fanulene berkesempatan menyerahkan bingkisan Natal kepada anak-anak miskin dari agama Islam, Kristen Protestan, Katolik dan para suster Tarekat Maria Mediatrix (TMM). (shinta/inmas)