Nenek Wa Saha Dapat Hunian Baru Dari Warga Ketapang SBB

oleh -457 views

Porostimur.com, Piru – Nenek Wa Saha (73) tahun yang berstatus janda, di Dusun Katapang, Desa Lokki, Kabupaten Seram Bagian Barat, terpaksa tinggal di teras rumah warga, karena tidak memiliki rumah tinggal.

Dia terpaksa menumpang di teras rumah milik Rehan yang juga warga Dusun Ketapang.

Rehan mengatakan kalau dia sering mendengar nenek itu dibentak ataupun mendapat perlakuan kasar dari anaknya. Bahkan, anaknya sudah berulang kali mengusir ibu kandungnya itu.

Rehan bilang, sesekali kalau diajak bercerita Wa Saha mengungkapkan kesedihann hatinya kepada warga yang duduk bercerita dengan dirinya.

Rehan mengaku tidak tega melihat nenek tua itu diterlantarkan, sehingga timbulah niat untuk membantu sang nenek.

Dia lantas menghubungi rekannya yang bernama Samin Makian untuk mengutarakan maksudnya.

Gayung pun bersambut. Niat baiknya itu tidak hanya disambut oleh rekannya Samin, namun juga oleh warga Dusun Ketapang.

Warga pun dikumpulkan. Bak program bedah rumah, warga yang dikomandoi oleh Sarmin Makian saling berbagi tugas untuk membuatkan nenek rumah untuk si nenek.

Ada yang mengambil bambu, dahan rumbia (gaba-gaba) dan material lain. Saling sumbang antara warga RT 07 Kompleks Mange-Mange pun dilakukan untuk membuatkan rumah bagi sang nenek.

Walaupun terlihat sederhana tapi kerja keras wargapun membuakan hasil. Rumah untuk sang nenek pun dapat terselesaikan pada, Kamis (29/9/2022) pukul 15.00 WIT.

Sarmin beserta warga yang membantu membuatkan sang nenek rumah tinggal pun merasa puas ketika melihat sang nenek WA Saja duduk di rumah barunya dengan senyuman dan perasaan haru dengan mata berkaca-kaca.

Sarmin mengungkapkan, sebagai manusia tentu punya rasa kasih sayang, apalagi Wa Saha adalah janda tua.

“Warga di sini tidak tega melihat nasib nenek tersebut, maka dari itu kita sepakat saling patungan dari Rp5000, bahkan ada yang memberikan Rp2000, agar nenek ini punya tempat tinggal dan bisa beli bahan pokok berupa beras untuk hidup sehari-hari,” pungkasnya. (Kahar)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News