NDC dan Komunitas Lebe Bae Bersih Sampah di Laut Talake

oleh -23 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Gerakan pembersihan lingkungan dan edukasi masyarakat di pantai dan laut Talake, Kelurahan Wainitu, di laksanakan Sabtu (23/1/2021).

Kegiatan ini di hadiri oleh Nusaniwe Diving Comunity (NDC) bersama Komunitas Lebe Bae dan Muspika Nusaniwe serta pemerintah Kota Ambon.

Tidak hanya membersihkan sampah. Sebelumnya mereka juga mengedukasi warga setempat, termasuk anak-anak sebaya dan yang umurnya dibawah mereka tentang pentingnya menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan, jenis-jenis sampah dan dampak yang ditimbulkannya baik sampah di laut maupun di darat.

Salah satu remaja yang tergabung dalam komunitas Lebe Bar yakni Keiza Tulalessy mengatakan, ia dan rekan sebayanya selalu ingin berbuat hal yang bermanfaat bagi lingkungan. Bahkan ia juga menyarankan sebaiknya kemana-mana membawa tumbler agar tidak menambah limbah kemasan botol plastik.

“Kalau pergi mana-mana, paling penting itu bawa botol air, karena Kalau beli air kemasan mineral pakai botol-botol plastik, akan menambah jumlah (sampah) botol plastik yang ada,” ungkapnya.

Baca Juga  Gelar lomba karaoke, Kasat Binmas apresiasi warga Maduraja

“Dengan kesadaran seluruh warga yang semakin baik, ke depan kota Ambon akan benar-benar bersih sampai di semua sudut-sudut kota sehingga menarik wisatawan datang,” harapnya.

Selain Keiza, Sekretaris Kota Ambon, A.G. Latuheru saat di wawancarai, mengaku bangga dengan kesadaran anak-anak NDC dan komunitas Lebe Bae.

“hari ini saya memberikan aspirasi kepada NDC bersama komunitas Lebe Bae dan seluruh masyarakat Talake yang turut berpartisipasi bersama termasuk yang hadir TNI dan Polri,” ungkapnya.

“Saya menghimbau kegiatan ini nanti di rancang saja dan di monitoring oleh camat, bisa juga lurah setempat, atau juga RT dan RW,” tandasnya.

Perlu di ketahui kegiatan ini di hadiri juga oleh Kapolsek Nusaniwe, Eggy Syahilatua, Pasi I Lettu Marinir Mardanus dan Danramil Nusaniwe, Letda H. Lumamuly,
Camat Nusaniwe, Nel Latuny dan Lurah Wainitu, Malvin Nikijuluw. (valen)