Nikki Haley Bisa Jadi ’’Kartu’’ Melawan Harris

oleh -29 views
Link Banner

Porostimur.com |Washington: Pioneer (perintis). Nama itu dipilih Kamala Harris sebagai kode untuk petugas Dinas Rahasia yang menjaganya setelah dipilih Joe Biden sebagai kandidat wakil presiden (Wapres).

Harris adalah perempuan kulit hitam pertama yang menjadi kandidat Wapres AS. Menang atau tidak, dia tetap perintis.

Harris menjadi ’’senjata’’ Biden untuk mengumpulkan pundi-pundi suara sekaligus memangkas peluang kemenangan Trump.

Lembaga survei memang memperkirakan Biden unggul, jauh sebelum memilih Harris. Namun, dukungan untuk wakil presi­den pada era Obama itu lebih kuat setelah ada Harris.

Link Banner

The Economist memprediksi peluang Biden mengalahkan Trump dalam pemilu 3 November sangat besar. Trump hanya memiliki satu di antara tujuh peluang memenangi electoral college atau setara 12 persen. Meski begitu, tim kampanye Biden tak mau pongah. Mereka belajar dari pengalaman pahit Pemilu 2016.

Baca Juga  Puttileihalat wafat, DPRD Maluku gelar Paripurna Khusus

Saat itu berbagai lembaga survei mengunggulkan Hillary Clinton. Nahas, pada hari H, Clinton kalah. Dia menang popular vote, tetapi kalah di perolehan electoral vote. Trump berhasil memerahkan empat swing state, yaitu Florida, Michigan, Pennsylvania, dan Wisconsin.

Trump tentu masih mau berkuasa. Dia punya satu ’’senjata’’ . Mengganti Mike Pence dengan sosok perempuan kulit berwarna. Komentator politik CNN Paul Begala memprediksi sosok tersebut adalah Nikki Haley. Mantan duta besar AS untuk PBB itu dikenal sebagai pendukung Trump.

Haley bisa mengumpulkan suara dari para perempuan simpatisan Republik. Apalagi, Haley adalah perempuan kulit berwarna. Dia merupakan keturunan Amerika-India. Jika Trump memilih Haley, siapa pun yang menang, AS bakal memiliki wakil presiden perempuan untuk kali pertama.

Baca Juga  Biar Lebih Cantik, Ikuti Tips Pilih Hijab Sesuai Warna Kulit Berikut

Begala menilai Haley bisa menjadi ’’tiket’’ untuk mencuri perhatian dari Konvensi Nasional Demokrat (DNC). Memilih Haley membuat Trump kembali mendapat sorotan tanpa beriklan. (red/sha/c14/fat/jpg)