November 2021, Kota Ambon Alami Inflasi, Tual Deflasi

oleh -78 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Pada November 2021, Kota Ambon mengalami inflasi sebesar 1,14 persen dengan IHK 108,93. Sementara Kota Tual mengalami deflasi sebesar 0,16 persen dengan IHK 108,77.

Demikian siaran pers Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku, yang diterima Porostimur.com, di Ambon, Sabtu (4/12/2021).

Menurut data BPS, dari 90 Kota IHK di Indonesia, tercatat 84 kota mengalami inflasi dan 6 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Sintang sebesar 2,01 persen.

Inflasi terendah terjadi di Kota Pontianak dan Kota Bima sebesar 0,02 persen. Deflasi tertinggi terjadi di Kota Kotamobagu sebesar 0,53 persen. Deflasi terendah terjadi di Kota Tual sebesar 0,16 persen.

Dari 90 Kota IHK, ranking IHK Kota Ambon naik ke posisi 10. Ranking IHK Kota Tual turun ke posisi 12.

Baca Juga  Kapolda Maluku Bagikan Sembako & Takjil Kepada Imam dan Marbot Masjid dan Tahanan Rutan Polda Maluku

Inflasi bulanan Kota Ambon berada pada posisi ke-2, inflasi tahun kalender posisi ke-3, sedangkan inflasi tahun ke tahun pada ranking ke-6.

Inflasi bulanan Kota Tual berada pada posisi ke-85, inflasi tahun kalender pada posisi ke-16, dan inflasi tahun ke tahun berada pada ranking ke-49.

Sepuluh komoditas utama yang mengalami kenaikan harga atau memberikan andil terbesar terhadap inflasi Kota Ambon pada November 2021 diantaranya adalah: angkutan udara, cabai rawit, ikan layang, rminyak goreng, lemon, biskuit, pelumas/oli mesin, mangga, daging ayam ras, dan pisang.

Sepuluh komoditas yang mengalami penurunan harga pada November 2021 dan memberikan andil terbesar terhadap deflasi Kota Tual adalah: ikan tongkol, ikan teri, ikan kakap putih, ikan layang, terong, jeruk nipis, telur ayam ras, ikan selar, ikan kembung, dan enbal gepe. (red)