Ohoi Letman Masuk 6 Nominasi Teratas API 2021, Kategori Wisata Air

oleh -55 views
Link Banner

Porostimur.com – Langgur: Ohoi Letman adalah sebuah desa wisata yang berada di Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Desa ini memiliki keindahan alam dengan pulau-pulau kecil nan eksotis, serta kekayaan sejarah dan budaya.

Nama Letman sendiri merupakan sebuah arti dari jembatan bisu. Dimana, merupakan sebuah penyebutan dalam sebuah peperangan yang dilkukan sebagai salah satu bentuk pemecahan masalah yang dilakukan oleh sebuah marga yang pernah terjadi di masa lalu.

Salah satu daya tarik OHOI Letman adalah Pulau YTR atau Yer Taran Ratut. Di sini, pengunjung dapat menikmati spot selfie ditunjang dengan kegiatan extreme tourism flying fox, serta fasilitas banana yg memacu adrenalin.

Lokasinya yang relatif dekat dengan Kota Langgur -dengan jarak tempuh sekitar 20 menit- desa wisata OHOI Letman layak untuk dikunjungi saat berwisata ke Maluku Tenggara.

Mata pencaharian dari penduduk ini adalah pertanian yang meliputi berbagai macam umbi-umbian, keladi, talas, sayur mayur, daun pepaya, terong dan masih banyak lagi. Ada juga dari perkebunan yang biasanya kamu bisa menemukan sagu, lemon, mangga. Dari sektor perikanan pun kamu bisa melihat begitu banyak tangkapan ikan yang dijual disini.

Baca Juga  Budaya Kei Hampir Terkikis Abis, Hanubun Perlu Upaya Pelestarian

Cara Menuju ke Ohoi Letman

Menuju ke Ohoi letman memang tidak mudah, karena di kawasan ini memang belum ada Bandara yang bisa memudahkan perjalanan kamu. jadi, kamu bisa naik pesawat terlebih dahulu menuju ke Ambon. kemudian, kamu bisa memulai perjalanan laut menuju ke pulau ini.

Untuk waktu tempuhnya sendiri mulai dari 5 jam sampai 7 jam lamanya. Waktu yang tidak singkat memang. Apalagi, kalau dalam perjalanan kamu dihadapkan pada cuaca buruk. perjalanan akan lebih lama lagi, atau bahkan bisa saja di batalkan. Sungguh perjuangan yang tidak mudah memang menuju ke tempat ini.

Esoktisme Ohoi Letman

Salah satu eksotis yang bisa kamu tangkap langsung adalah pesona pantainya. Dimana, kamu bisa bermain-main dengan pantai pasir putih yang tampak mengesankan. Pantai-pantai ini seakan menjadi ucapan selamat datang bagi semua wisatawan yang hendak datang ke kawasan ini.

Bagi kamu yang datang ke tempat ini. Jangan lupa untuk booking penginapan terlebih dahulu. kalau tidak salah, saat ini ohoi letman sudah punya satu penginapan yang bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat. Perjalanan yang tampak sulit membuat kamu harus tinggal di tempat ini untuk beberapa hari.

Baca Juga  BAKTI Bangun Potensi Wisata dan Alam di Maluku Tenggara

Karena, menikmati Ohoi letman tidak bisa hanya satu atau dua hari saja, Kamu juga bisa menikmati ggazebo di tengah laut yang menjadi ikon tak terlupakan dari Letman. Kamu juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling menikmati pesona yang tersaji disini.

Berkeliling ke beberapa Gugusan Pulau

Kurang afdol rasanya, bila kamu hanya duduk-duduk dipantai dan menikmati pemandangan air laut yang biru begitu saja. Oleh karena itum sewalah perahu kano yang bisa digunakan untuk 6 sampai 8 orang. Kemudian, berkelilinglah ke seluruh gugusan pulau ini.

Waktu terbaik untuk menikmati semua pemandangan yang mempesona ini adalah sore hari. Dimana, tidak hanya air lautnya yang biru, atau kapal nelayan yang mondar-mandir kesana-kemari. Melainkan, pesona senja yang super romantis bisa kamu nikmati. Sungguh momen yang romantis yang bisa kamu lepaskan bersama dengan orang yang kamu cintai,

Cita rasa kuliner

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa Ohoi Letman bermata pencaharian sebagai petani ladang, dan perikanan. Untuk urusan makan kawasan ini tidak usah ditanya lagi. Pasti mempunyai ragam menu yang enaknya menggoda dan tidak akan pernah kamu lupakan.

Baca Juga  Maluku Raih Peringkat Pertama Nasional Capaian Pelayanan KB

Apalagi, dengan olahan-olahannya yang benar-benar nikmat. Bumbu-bumbu khas dan didukung dengan berbagai bahan yang fresh membuat menikmati kuliner di tempat ini adalah sebuah kewajiban. Kamu juga bisa lho, ikut warga sekitar untuk membuat beberapa menu makanan yang dijamin membuat kamu nagih dan ingin makan lagi dan lagi.

Masuk 6 Nominasi Teratas API 2021, Kategori Wisata Air

Kini Ohoi Letman berhasil masuk 6 nominasi teratas sementara Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021, kategori Wisata Air.

So bagi kamu warga Maluku khususnya warga Kei, Maluku Tenggara, jangan lupa vote dan bantu Ohoi Letman meraih juara di API Award 2021 ya.

Pemungutan suara (voting period) masih berlangsung sampai dengan 31 Oktober 2021.

Bagi pembaca yang ingin mendukung Ohoi Letman, dapat dilakukan melalui media sosial instagram @ayojalanjalanindonesia, Youtube Channel APIaward dan SMS Premium.

Untuk SMS Premium dapat dilakukan dengan cara mengirim SMS ke nomor 99386 (Rp. 2.200,- dan berlaku semua provider)

Untuk memilih Ohoi Letman, ketik API 8F dan kirim ke 99386.

(saad)

No More Posts Available.

No more pages to load.