Ombudsmen RI Perwakilan Maluku Apresiasi Kemenag

oleh -47 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag, bersama Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Kristen Kanwil Kemenag Maluku, Nanjie Latuheru,  memerima rombongan Kantor Perwakilan Ombudsmen Maluku. 

Dalam pertemuan ini, dua agenda utama dibahas secara bersama, masing-masing status hukum lembaga pendidikan tinggi IAKO dan efektifitas kepatuhan terhadap pelayanan publik di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku. 

Plt, Kakanwil Kemenag Maluku  H. Jamaludin Bugis, S.Ag mengatakan usaha untuk mencipatkan pelayanan publik  saat ini terus dilakukan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Diakui pelayanan terpadu satu pintu saat ini belum dikembangkan di seluruh wilayah, hal ini disebabkan keterbatasan anggaran  dan rendahnya kualitas SDM di daerah.

Link Banner

“Kami memberikan apresiasi kepada ombusmen yang memberikan perhatian  dalam rangka kemajuan peran kanwil kemenag di provinsi Maluku, ” ungkap Jamaludin Bugis. 

Baca Juga  Sudah Ada Kasus Transmisi Lokal, Kota Ternate Beresiko Tinggi Covid-19

Terkait dengan keberadaan pendidikan tinggi IAKO, pihak Kemenag tentu mengacu pada ketentuan Hukum.

Lembaga tersebut dinilai telah menyalahi ketentuan. Pihaknya saat ini telah memberikan himbauwan kepada masyarakat terutama tenaga guru agar tidak menlanjutkan studinya di IAKO karena lembaga ini tidak terdaftar di Direktorat Pendidikan Tinggi.

“Kami tentu mengacu pada aturan hukum,” jelas Jamaludin Bugis.

Dalam tetap muka itu, Kepala Perwakilan Ombudsmen RI Provinsi Maluku, Hasan  Slamet, SH, MH, memberikan apresiasi kepada Kanwil Kemenag Maluku, karena hasil survey yang dilakukan terhadap IAKO telah ditindak lanjuti oleh Kemenag Maluku.

Dirinya berharap predikat kepatuhan terhadap pelayanan yang diberikan oleh Ombudsmen RI kepada Kemenag RI sebagai lembaga yang dinilai baik dalam memberikan pelayanan publik tahun 2019 lalu, dapat diimplementasikan di seluruh Kantor Kementerian Agama yang tersebar pada seluruh kota kabupaten di wilayah ini.  (keket/inmas)